Amelia, Devy (2023) Konseling Islam melalui pendekatan Behaviour Therapy untuk meningkatkan prestasi belajar pada anak Broken Home di SMA Negeri 1 Compreng : Penelitian di SMA Negeri 1 Compreng Kabupaten Dubang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
Abstract
Kondisi keluarga broken home dapat memberikan dampak negatif pada perubahan perilaku dan prestasi belajar siswa. Mereka cenderung malas untuk belajar dan melanggar peraturan sekolah. Maka dari itu diperlukan sebuah pendekatan yang bisa meminimalisir dampak tersebut.Tujuan penelitian ini yang Pertama, untuk mengetahui mengetahui permasalahan pada anak broken home dalam prestasi belajar. Kedua, untuk mengetahui bagaimana proses konseling islam melalui pendekatan behavior therapy untuk meningkatkan prestasi belajar siswa broken home. Ketiga, untuk mengetahui bagaimana hasil konseling islam melalui pendekatan behavior therapy untuk meningkatkan prestasi belajar siswa broken home di SMAN 1 Compreng. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konseling islam yang dikemukakan oleh Achmad Mubarok dan teori belajar operan dalam pendekatan behavior therapy yang dikemukakan oleh B.F Skinner. Metode dan teknik penelitian dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan keluarga broken home di SMAN 1 Compreng memiliki dampak yang signifikan pada siswa, seperti konflik keluarga, perilaku yang kurang baik,prestasi belajar yang rendah, dan dan kesulitan dalam hubungan interpersonal. Melalui konseling islam dengan pendekatan behavior therapy, siswa-siswa ini berhasil mengatasi masalah tersebut. Proses konseling melibatkan identifikasi perubahan perilaku, evaluasi, dan penggantian perilaku agar memiliki prestasi belajar yang meningkat dan dapat menerima kondisi saat ini. Pendekatan ini juga memberikan perhatian pada nilai-nilai agama dalam pemulihan siswa. Siswa-siswa broken home mengalami perubahan positif setelah menjalani proses konseling.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling islam; behavior therapy; prestasi belajar; siswa broken home; |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Devy Amelia |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 01:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80144 |
Actions (login required)
View Item |