Hubungan antara aktivitas bermain Loose Parts dengan kemampuan motorik halus Anak Usia Dini : Penelitian korelasional di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Khoerulbariyyah, Farah Budiarti (2023) Hubungan antara aktivitas bermain Loose Parts dengan kemampuan motorik halus Anak Usia Dini : Penelitian korelasional di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena adanya permasalahan yaitu keterampilan motorik halus anak di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung masih perlu mendapatkan banyak stimulasi, ditandai dengan sejumlah anak yang mengalami kesulitan pada saat memegang dan mengendalikan alat tulis. Untuk mengatasi hal tersebut, pendidik menerapkan konsep belajar sambil bermain, dan salah satu aktivitas bermain yang dapat menstimulasi kemampuan motorik halus anak usia dini adalah bermain Loose Parts. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas anak dalam bermain Loose Parts di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, (2) Kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, dan (3) Hubungan antara aktivitas bermain Loose Parts dengan kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Salah satu aspek perkembangan yang harus distimulasi pada anak usia dini adalah perkembangan motorik halus. Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau bagian anggota tubuh tertentu yang dibangun oleh stimulasi dari proses belajar dan berlatih. Dengan kegiatan bermain yang menarik minat anak, juga dengan media yang tepat, maka stimulasi perkembangan motorik halus anak tersebut akan tercapai secara optimal. Salah satu aktivitas bermain menggunakan media yang digunakan ialah aktivitas bermain Loose Parts. Dimana anak dapat membuat sebuah karya tanpa batas dengan bahan-bahan yang ada disekitar anak. Dengan menstimulasi otot-otot kecil anak, maka melalui aktivitas ini kemampuan motorik halus anak dapat berkembang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan yang digunakan adalah korelasi product moment. Subjek penelitian adalah kelompok B RA Al-Kautsar Kota Bandung dengan jumlah sampel sembilan anak. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bermain Loose Parts di kelompok B RA Al-Kautsar memiliki nilai rata-rata 77 yang mempunyai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kemampuan motorik halus anak usia dini di kelompok B RA Al-Kautsar memiliki nilai rata-rata 77,5 yang memiliki kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hasil analisis korelasi product moment, yang diperoleh menunjukkan hasil korelasi r hitung 0,890 pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil 0,890 > 0,666. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara aktivitas bermain Loose Parts dengan kemampuan motorik halus anak usia dini di RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini; Loose Parts; Kemampuan Motorik Halus
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Farah Budiarti
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:28
Last Modified: 16 Oct 2023 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80173

Actions (login required)

View Item View Item