Penerapan strategi pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas zat padat

Damayanti, Dewi (2023) Penerapan strategi pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas zat padat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Flipped Classroom merupakan strategi pembelajaran pembalikan prosedur pembelajaran tradisional. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Flipped Classroom sebagai upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik pada materi Elastisitas zat padat. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest and posttest. Sampel penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Garut dengan jumlah 30 orang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive. Data hasil keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi dan dt peningkatn keterampilan berpikir kritis pada peserta didik diperoleh dari pretest dan posttest yang berbentuk uraian. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase keterlaksanaan aktivitas guru yaitu 79% dengan kategori baik dan aktivitas peserta didik 79% dengan kategori baik. Berdasarkan nilai N-gain sebesar 0,62 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik dengan kategori sedang, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Flipped Classroom terhadap peningkatan ketermpilan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas zat padat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran; flipped classroom; keterampilan berpikir kritis; pembelajaran fisika;
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dewi Damayanti
Date Deposited: 17 Oct 2023 00:41
Last Modified: 17 Oct 2023 00:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80217

Actions (login required)

View Item View Item