Pengaruh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat

Ilais, Ellen (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ Cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftarisi.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy

Abstract

Ada dua faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai diantaranya faktor internal meliputi kemampuan intelektual, disiplin kerja dan motivasi pegawai. sedangkan faktor eksternal meliputi gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, konpensasi dan sistem manajemen yang terdapat dalam organisasi atau lembaga tersebut (Busro,2018). Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan salah satu ujung tombak pelayanan yang ada di masyarakat Provinsi Jawa Barat, yang dalam pelayanannya membutuhkan tenaga yang profesional dan mampu menghadapi tekanan pekerjaan. Setelah melakukan observasi selama 2 bulan dari bulan April – Mei 2022 , peneliti menemukan hal yang menarik dari para pegawai nya. Peneliti melihat pegawai yang tidak datang dengan tepat waktu, dan bahkan melihat saat jam kerja ada beberapa pegawai yang tidak ada di tempat. Yang menariknya, ketidak disiplinan tidak membuat pegawai itu kinerja nya menurun. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai, disiplin kerja terhadap kinerja pegawai, serta gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai.Dalam penelitian ini menggunakan teori Gaya Kepemimpinan menurut Nawawi (1993), Disiplin Kerja menurut Hasibuan (2017) dan Kinerja menurut Nawawi (1993). Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Kuantitatif dengan teknik Library Research dan Field Research. Pegawai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat sebagai populasi, sebanyak 63 dengan ukuran sampel Yamane dalam Sugiyono (2018) dan dengan menggunakan software SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) uji parsial (uji t) dari X1 (Gaya Kepemimpinan) berpengaruh dan signifikan terhadap Y (Kinerja) dengan hasil perbandingan antara nilai thitung dengan ttabel adalah 7,357 > 2,000 dan signifikasinya 0,000 < 0,05, (2) uji parsial (uji t) dari X2 (Disiplin Kerja) berpengaruh dan signifikan terhadap Y (Kinerja) dengan hasil perbandingan antara nilai thitung dengan ttabel adalah 3,435 > 2,000 dan signifikasinya 0,001 < 0,05, (3) uji simultan (uji F) dari (X1) Gaya Kepemimpinan dan (X2) Disiplin Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap (Y) Kinerja dengan hasil perbandingan antara nilai Fhitung dengan Ftabel 41,261 > 3,15 dan signifikasinya 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Gaya Kepemimpinan; Disiplin Kerja; Kinerja Pegawai
Subjects: Social Process > Leadership
Econmics > General Publications of Economic
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ellen Ilais
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:46
Last Modified: 19 Oct 2023 06:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80461

Actions (login required)

View Item View Item