Pengembangan modul ajar Fisika pada materi pemanfaatan energi alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik

Koimah, Sri Nur (2023) Pengembangan modul ajar Fisika pada materi pemanfaatan energi alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Modul Ajar Fisika Pada Materi Pemanfaatan Energi Alternatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ajar, keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah, dan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah dengan materi pemanfaatan energi alternatif. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Developmet) dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluate) dan desain penelitian yang digunakan pre-experiment jenis one group pretest-posttest . Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 peserta didik kelas X A 1 SMA Negeri 19 Garut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya lembar validasi ahli, lembar student activity sheet (SAS) dan lembar tes keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan modul ajar memperoleh persentase 88,27% dengan interpretasi sangat layak, keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 73,82% dengan interpretasi efektif, dan peningkatan (N-gain) peserta didik secara keseluruhan sebesar 0,334 termasuk kategori sedang. Dengan demikian pengembangan modul ajar fisika pada materi pemanfaatan energi alternatif dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi; Pemanfaatan Energi Alternatif;
Subjects: Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SRI NUR KOIMAH
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:38
Last Modified: 20 Oct 2023 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80563

Actions (login required)

View Item View Item