Koimah, Sri Nur (2023) Pengembangan modul ajar Fisika pada materi pemanfaatan energi alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan Modul Ajar Fisika Pada Materi Pemanfaatan Energi Alternatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ajar, keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah, dan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah dengan materi pemanfaatan energi alternatif. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Developmet) dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluate) dan desain penelitian yang digunakan pre-experiment jenis one group pretest-posttest . Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 peserta didik kelas X A 1 SMA Negeri 19 Garut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya lembar validasi ahli, lembar student activity sheet (SAS) dan lembar tes keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan modul ajar memperoleh persentase 88,27% dengan interpretasi sangat layak, keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 73,82% dengan interpretasi efektif, dan peningkatan (N-gain) peserta didik secara keseluruhan sebesar 0,334 termasuk kategori sedang. Dengan demikian pengembangan modul ajar fisika pada materi pemanfaatan energi alternatif dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Ajar; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi; Pemanfaatan Energi Alternatif; |
Subjects: | Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SRI NUR KOIMAH |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80563 |
Actions (login required)
View Item |