Pengaruh penataan ruang kantor terhadap peningkatan pelayanan ketatausahaan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Cimahi

Syafitri, Rizka Anisa (2023) Pengaruh penataan ruang kantor terhadap peningkatan pelayanan ketatausahaan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Di era perkembangan ini dunia pendidikan semakin meningkat, berbagai macam pembaharuan dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan diperlukan terobosan baik dalam perkembangan tata ruang yang menentukan kelancaran pelayanan pendidikan yaitu menata ruang kantor dengan baik sehingga kualitas kerja pegawai menjadi efesien dan efektif. Sebelumnya dilakukan dengan cara manual untuk mengolah, menginput, menyimpan data tetapi sekarang karena adanya perkembangan di era 4.0 penerapan teknologi modern dalam dunia pendidikan semakin canggih, maka kualitas pelayanan semakin meningkat sehingga dapat mempermudah para pegawai dalam pelayanan pendidikan. Permasalahan yang sering terjadi di lembaga pendidikan banyak orang yang belum mampu dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, sehingga banyak pelanggan yang kurang puas dan kerap mengeluarkan perkatanan yang kurang baik saat pemberikan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Penataan ruang kantor MTsN Kota Cimahi, 2) Peningkatan pelayanan ketatausahaan di MTsN Kota Cimahi dan 3) Pengaruh penataan ruang kantor madrasah dengan peningkatan pelayanan ketatausahaan di MTsN Kota Cimahi. Penataan ruang kantor merupakan hal yang sangat penting dalam meingkatakan pelayanan ketatausahaan, dengan indikator yang dimiliki yaitu: 1) Perencanaan tata ruang kantor; 2) Penyusunan perabot kantor; 3) Kondisi lingkungan fisik. Begitupun dengan pelayanan ketatausahaan terdiri dari berbagai indikator, yaitu: 1) Kehandalan; 2) Ketanggapan; 3) Empati; 4) Berwujud; dan 5) Jaminan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa manajemen penataan ruang kantor dengan peningkatan pelayanan ketatausahaan memiliki korelasi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh ialah 0,082. Artinya, terdapat pada tingkat kuat dan mengarah kepada sifat positif dengab melihat angkat pearson corelation yaitu 0,082 dengan tidak memiliki tanda negatif (-) diangka tersebut. Sehingga hub ungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi manajemen penataan ruang kantor madrasah maka semakin tinggi pula peningkatan pelayanan ketatausahaan Selanjutnya, diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,835. Artinya, Kontribusi variabel manajemen penataan ruang kantor madrasah dengan peningkatan pelayanan ketatausahaan adalah 83,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penataan Ruang Kantor; Pelayanan Ketatausahaan
Subjects: Office Services > Office Equipment and Supplies
Office Services > Office Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizka Anisa Syafitri
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:10
Last Modified: 24 Oct 2023 01:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80680

Actions (login required)

View Item View Item