Strategi media online dalam pengelolaan Rubrik Bandung Baheula sebagai media eksistensi sejarah lokal: Studi deskriptif Rubrik Bandung Baheula di Media Online AyoBandung.com

Nurani, Siska Cahya (2023) Strategi media online dalam pengelolaan Rubrik Bandung Baheula sebagai media eksistensi sejarah lokal: Studi deskriptif Rubrik Bandung Baheula di Media Online AyoBandung.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Pemberitaan media online saat ini lebih banyak membahas isu-isu terkait politik, ekonomi, teknologi dan isu lainnya yang dianggap lebih relevan dengan kehidupan sekarang, sedangkan isu sejarah lokal kurang mendominasi. Menjadi hal yang mengkhawatirkan bila masyarakat saat ini kurang sadar akan pentingnya mengenali isu sejarah tempat berpijak. Seyogyanya, media online menjadi wadah yang tepat untuk memperkenalkan atau memperluas pengetahuan isu sejarah. Namun, masih jarang media online mengangkat literatur sejarah lokal. Oleh karena itu, AyoBandung melakukan strategi untuk mempertahankan eksistensi sejarah lokal Bandung Raya melalui pengelolaan suatu rubrik miliknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi media online AyoBandung dalam mempertahankan eksistensi sejarah lokal dengan pengamatan lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan jenis penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam hal ini yaitu deskriptif. Model penelitian yang digunakan ialah model manajemen strategis Whelen & Hunger. Hasil dari penelitian ini menunjukkan AyoBandung melakukan manajemen strategis yang meliputi pengamatan lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, pengawasan dan evaluasi, sehingga konten sejarah lokal tersaji khusus dalam ruang rubrik Bandung Baheula yang diharapkan dapat mempertahankan keberadaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Media Online; Pengelolaan; Rubrik; Sejarah Lokal
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Siska Cahya Nurani
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:25
Last Modified: 27 Oct 2023 04:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80686

Actions (login required)

View Item View Item