Hubungan antara aktivitas senam Brain Gym dengan kemampuan koordinasi gerak tubuh anak usia dini : Penelitian kuantitatif di kelompok B2 RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung

Fitriani, Hilmi (2023) Hubungan antara aktivitas senam Brain Gym dengan kemampuan koordinasi gerak tubuh anak usia dini : Penelitian kuantitatif di kelompok B2 RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Dhati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Berdsarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di kelompok B2 RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Menunjukan bahwa kemampuan koordinasi gerak tubuh anak usia dini memiliki kualifikasi yang rendah. Hal ini dibuktikan dari saat kegiatan olahraga melempar dan menangkap bola koordinasi mata dan tangan yang membutuhkan kecepatan gerak, keseimbangan saat melompat dalam rintangan dab saat berjalan di atas papan titian, saat proses pembelajaran dilakukan anak masih kurang terkoordinasi gerakan tubuhnya diantaranya yaitu koordinasi mata-tangan, kaki-tangan dan mata-kaki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Aktivitas senam Brain Gym di kelompok B2 RA Al–Ihsan Cibiru Hilir kabupaten Bandung. 2) Kemampuan koordinasi gerak tubuh anak di kelompok B2 RA Al–Ihsan Cibiru Hilir kabupaten Bandung. 3 hubungan antara Aktivitas senam Brain gym dengan kemampuan koordinasi gerak tubuh anak di kelompok B2 RA Al–Ihsan Cibiru Hilir kabupaten Bandung. Usia dini merupakan masa yang fundamental bagi perkembangan pribadi anak, dan salah satunya adalah perkembangan fisik motorik. Kemampuan motorik dapat membantu anak eksplorasi lingkungan sekitar melalui gerakan fisik, berkaitan juga pada hubungan interpersonal dengan orang lain misalnya dalam permainan saat di sekolah, kemampuan motorik sangat erat kaitannya dengan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, otak, dan spinal cord (sumsum tulang belakang). Untuk memilik koordinasi gerakan yang baik maka anak harus distimulasi sejak dini salah satu stimulasi atau metode yang dapat diterapkan pada anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan koordinasinyta adalah senam Brain Gym. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dimana datanya berupa angka-angka. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penilaian dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung yang berjumlah 17 anak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas senam brain gym termasuk pada kategori baik dengan nilai 77 yang berada pada interval (70 – 79) dan Kemampuan koordinasi gerak tubuh anak termasuk pada kategori baik dengan nilai 79 yang berada pada interval (70 – 79) dan menunjukan adanya hubungan yang signifikan, diamana antara kedua variabel tersebut masuk pada kategori cukup kuat/sedang yaitu sebesar 0,54 dan berada pada kategori mulai berkembang (MB). Ini dikarenakan kedua variabel tersebut berada pada interval 0,400 – 0,599 pada penelitian yang dilakukan penulis didapatkan bahwa kontribusi aktivitas senam brain gym dengan kemampuan koordinasi gerak tubuh anak usia dini adalah 16% dan 84% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fisik Motrik; Koordinasi Gerak Tubuh Anak; Senam Brain Gym
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hilmi Fitriani
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:10
Last Modified: 06 Nov 2023 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80831

Actions (login required)

View Item View Item