Penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa: Penelitian tindakan kelas di kelas II MI Muhammadiyah 2 Sumbersari

Apriani, Lia (2023) Penerapan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa: Penelitian tindakan kelas di kelas II MI Muhammadiyah 2 Sumbersari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas II MI Muhammadiyah 2 Sumbersari yang sebagian besar hasil belajar pada pembelajaran matematika tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dibuktikan dengan wawancara terstruktur bersama wali kelas serta tes objektif pra siklus yang memperoleh nilai rata-rata 51 dengan ketuntasan klasikal 21% kategori “kurang baik” yang menghasilkan 4 orang siswa tuntas dan 15 siswa tidak tuntas mencapai KKM. Hal tersebut disebebkan oleh semangat siswa yang menurun, tidak aktif saat pembelajaran, serta sering menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat pembelajaran menjadi monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model ARCS. 2) Proses penerapan model ARCS pada setiap siklusnya. 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model ARCS. 4) Hasil belajar siswa setelah seluruh siklus dilaksanakan dengan menggunakan model ARCS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran (mix methods), yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga jenis yakni teknis analisis tes, lembar observasi serta verifikasi dan simpulan data. Hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil belajar siswa pada tahap sebelum penerapan model ARCS pada mata pelajaran matematika kelas II MI Muhammadiyah 2 Sumbersari memperoleh nilai rata-rata 51 dengan ketuntasan klasikal 21% kategori kurang baik. 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ARCS memperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I 74% dengan kategori baik, kemudian siklus II meningkat sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I 83% dengan kategori sangat baik, dan meningkat pada siklus II sebesar 91% dengan kategori sangat baik. 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ARCS mengalami suatu peningkatan pada setiap siklusnya memperoleh nilai rata-rata 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 74% kategori baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 91 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% kategori sangat baik. 4) Hasil belajar setelah seluruh siklus dilaksanakan dengan menggunakan model ARCS pada pasca siklus mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 91 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ARCS; hasil belajar; matematika
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lia Apriani
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:26
Last Modified: 27 Oct 2023 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80892

Actions (login required)

View Item View Item