Perencanaan strategi pendistribusian Zakat dalam meningkatkan pelayanan Mustahiq : Studi deskriptif pada program Rumah Singgah Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat

Shubhi, Yura Auliya (2023) Perencanaan strategi pendistribusian Zakat dalam meningkatkan pelayanan Mustahiq : Studi deskriptif pada program Rumah Singgah Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Pentingnya zakat dalam mengurangi kemiskinan serta pemberian layanan kesehatan di kalangan umat Islam memicu kesadaran membayar zakat dan membantu yang memenuhi syarat. Ajaran Al-Qur'an dan Islam menegaskan pentingnya membayar zakat. Dalam pengelolaan zakat, Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 dan pendirian BAZNAS menjadi landasan penting mengatur dan mengelola zakat nasional. Perencanaan strategis memegang peran kunci dalam meningkatkan pelayanan zakat kepada mustahiq. Tujuan penelitian ini adalah dalam hal perencanaan strategi pendistribusian zakat dalam meningkatkan layanan mustahiq, Program Rumah Singgah BAZNAS Provinsi Jawa Barat, sebagai bagian dari program JABAR Sehat, merupakan bukti nyata pendistribusian zakat yang berhasil memberikan layanan kesehatan bagi mustahiq. Pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan deskriptif, yang memiliki kemampuan untuk mengungkap dan menganalisis fenomena empiris yang terjadi dalam situasi lapangan. Pendekatan ini bersifat kualitatif dan memanfaatkan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan dari konsep teori yang diterapkan Bryson. Langkah-langkah utama meliputi: a. Klarifikasi misi dan nilai organisasi untuk mengarahkan kinerja. b. Identifikasi SWOT untuk memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan. c. Tangani isu-isu strategis, seperti fasilitas dan pengurus. d. Proses implementasi efektif berdasarkan RAB dan SOP. e. Evaluasi strategi untuk perbaikan dan kelangsungan program. Dalam program Rumah Singgah BAZNAS Jawa Barat, dukungan BAZNAS dan Pemerintah Pusat mendukung layanan mustahiq dengan fasilitas dan dukungan psikologis. Namun, kekurangan tenaga medis dan personil, serta masalah anggaran, menjadi hambatan dalam memberikan pelayanan berkualitas. Masyarakat juga berperan dalam mendukung program ini, meskipun ada stigma awal terkait pandemi. Dukungan kuat perlu diimbangi dengan solusi bagi tantangan seperti tenaga medis dan anggaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan strategi; pelayanan mustahiq
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Yura Auliya Shubhi
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:59
Last Modified: 30 Oct 2023 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81058

Actions (login required)

View Item View Item