Pengaruh zikir al-Matsurat (pagi petang) terhadap Psychological Well Being santri : Studi komparatif pada pesantren yang melakukan dan tidak melakukan zikir al-Matsurat

Fadilah, Gilang Askhiya (2023) Pengaruh zikir al-Matsurat (pagi petang) terhadap Psychological Well Being santri : Studi komparatif pada pesantren yang melakukan dan tidak melakukan zikir al-Matsurat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Psychological Well-Being merupakan suatu kondisi dari setiap individu yang memiliki perilaku positif terhadap dirinya sendiri ataupun orang lain, dan dapat membuat keputusan ataupun mengelola perilakunya sendiri, dan menciptakan ataupun mengatur lingkungan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya sendiri, memiliki tujuan dalam hidup. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psychological well being santri, apakah terdapat pengaruh mengamalkan zikir pagi dan petang terhadap kondisi psychological well being kepada pondok pesantren yang melakukan dan tidak melakukan zikir pagi dan petang, adapun manfaat yang lainnya ialah untuk memperbanyak referensi ataupun bahan bacaan mengenai zikir dan psychological well being. Zikir pagi dan petang atau bisa disebut juga dengan (Al-Matsurat) yakni salah satu dari jenis zikir yang diajarkan dan dicontohkan langsung oleh nabi Muhammad SAW yang perlu dilakukan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari berguna untuk terus mengingat kepada sang pencipta dan supaya kita tidak menjadi orang yang lalai, selalu mendapatkan perlindungan dari sang pencipta kapanpun dan dimanapun kita berada. Metode penelitian dalam pengumpulan data ini adalah metode kuantitatif yang melibatkan metode statistika deskriptif. Data kemudian dianalisis dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Dalam penelitian ini, sebanyak 79 responden dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel probability, khususnya simple random sampling. Alat pengukur yang digunakan adalah skala Likert. Variabel X terdiri dari 18 pertanyaan, variabel Y memiliki 36 pertanyaan, dan kedua variabel telah dilakukan proses validitas dan reliabilitas. Untuk menguji pengaruhnya, pada penelitian ini dilakukan uji independen T-test. Hasil dalam penelitian ini tentang pengaruh zikir al-matsurat (pagi dan petang) terhadap psychological well being pada santri yang melakukan dan tidak melakukan dengan nilai pada t-test untuk santri pesantren al-muttaqin adalah 18,219 dengan Sig (2tailed) <,001, dari penjelasan data tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan psychological well being pada santri yang melakukan dan tidak melakukan zikir pagi dan petang. Sama dengan santri pesantren universal dengan t-test 15,967 dengan Sig (2tailed) <,001. Secara rata- rata, Pondok Pesantren Al-Muttaqin memiliki nilai psychological well being yang lebih tinggi, dengan rata-rata sebesar 172.7347, dibandingkan dengan rata-rata Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Kota Bandung sebesar 113.3667. Dijelaskan dalam data bahwa kondisi psychological well being santri di Pesantren Al-Muttaqin lebih baik daripada di Pesantren Mahasiswa Universal Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zikir pagi dan petang; Psychological Well Being; Santri.
Subjects: Parapsychological Science and Occult Methods for Achieving Well-Being, Happiness, Successfulness
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Gilang Askhiya
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:30
Last Modified: 31 Oct 2023 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81074

Actions (login required)

View Item View Item