Sondari, Elis Siti (2023) Pengaruh implementasi kebijakan kurikulum Merdeka dan motivasi kerja terhadap kinerja guru : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, State Islamic University of Mahmud Yunus Batusangkar.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan proses pembelajaran madrasah dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kemampuan sekolah dalam menghadapi perubahan Kebijakan kurikulum saat ini menjadi topik yang krusial dalam dunia pendidikan. Motivasi sebagai daya dorong dalam menghadapi perubahan yang berperan dalam pelaksanaan pembelajaran di madrasah. Kinerja guru merupakan komponen yang sangat penting dalam mengimplementasikan kurikulum dalam proses pembelajaran, karena gurulah yang bersentuhan langsung dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh implementasi kebijakan kurikulum Merdeka terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung 2) Pengaruh Motivasi kerja terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung 3) Pengaruh implementasi kebijakan kurikulum merdeka dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung. Kerangka berpikir dari penelitian ini merujuk kepada Implementasi Kebijakan Kurikulum merdeka dalam Keputusan Kemendikbudristek No. 262 Tahun 2022, keputusan Kementrian Agama No. 347 Tahun 2022, teori Abraham Maslow dan penilaian kinerja guru dilihat dari UU RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu para guru Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung yang berjumlah 74 orang. Data pada penelitian ini didapatkan melalui penyebaran kuesioner. Tahap selanjutnya angket dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji intrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (koefisien determinasi dan uji regresi berganda) menggunakan SPSS v.27.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara implementasi kebijkaan kurikulum merdeka dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Bandung dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka; Motivasi Kerja; Kinerja Guru |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Elis Elis Siti Sondari |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 06:35 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81135 |
Actions (login required)
View Item |