Retorika KH Muhammad Abdul Mu’min dalam membina anak jalanan : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Raudlatul Hasanah Subang

Ariska, Ayu (2023) Retorika KH Muhammad Abdul Mu’min dalam membina anak jalanan : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Raudlatul Hasanah Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Retorika termasuk seni berbicara dihadapan umum yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi jamaah agar dengan mudah dapat mengaplikasikan pesan-pesan yang disampaikan oleh mubaligh dengan merujuk pada teori Aristoteles, secara garis besar peran retorika yaitu untuk mempersuasi pendengar. Karena retorika dapat meyakinkan atau membujuk pendengar dengan menunjukkan kebenaran melalui logika. KH Muhammad Abdul Mu’min, salah satu mubaligh yang memanfaatkan cara-cara yang retoris, menyampaikan materi dengan cara menarik, dengan tujuan jamaahnya bersedia merubah sikap dan tingkah laku dari yang tidak baik menjadi baik untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui Bagaimana Ethos Retorika KH. Muhammad Abdul Mu’min. (2) Mengetahui Bagaimana Pathos Retorika KH. Muhammad Abdul Mu’min. (3) Mengetahui Bagaimana Logos Retorika KH. Muhammad Abdul Mu’min. Penelitian ini menggunakan teori Aristoteles yaitu Ethos, Pathos dan Logos. Teori ini mendukung terhadap permasalahan yang sedang diteliti dengan menggunnakan indikator yaitu Ethos (keahlian, keterpercayaan, dan daya tarik). Pathos (mimic wajah, Gerakan tubuh, kontak mata, intonasi, ketakutan, kesedihan, kebahagiaan, dan humor) dan Ethos (alasan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sebagai usaha mendeskripsikan atau menguraikan data yang diperoleh. Jenis data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif, untuk pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dengan berdasarkan metode pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat ditunjukkan bahwa: (1) Ethos KH Muhammad Abdul Mu’min menggunakan indikator keahlian melalui pengetahuannya, keterpercayaan melalui kejujurannya, dan daya tarik melalui penampilannya. (2) Pathos KH Muhammad Abdul Mu’min menggunakan bahasa emosional verbal (kata-kata) dan non-verbal (mimik wajah dan gerakan). (3) Logos KH Muhammad Abdul Mu’min dengan menggunakan indikator bahasa yang mudah dipahami, dan alasan-alasan yang logis sesuai realita yang terjadi di masyarakat sehingga mudah untuk di pahami atas pesan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; Pembinaan; KH Muhammad Abdul Mu’min;
Subjects: Islam > Islam and Social Sciences
Islam > Da'wah
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ayu ariska
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:21
Last Modified: 31 Oct 2023 07:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81192

Actions (login required)

View Item View Item