Persepsi mahasiswa terhadap konten dakwah berhutang dalam akun @kadamsidik00 : Studi deskriptif pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nurhikmah, Desi (2023) Persepsi mahasiswa terhadap konten dakwah berhutang dalam akun @kadamsidik00 : Studi deskriptif pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy

Abstract

Paylater atau berhutang secara online sudah menjadi kebiasaan yang lumrah di kalangan masyarakat, hal inilah yang menjadi perhatian pada salah satu dakwah Husain di akun TikToknya @kadamsidik00 dengan menyampaikan pesan dakwah tentang berhutang yang dapat dilihat dari berbagai persepsi. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk (1) mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap konsep berhutang, (2) persepsi mahasiswa terhadap konten berhutang dalam akun TikTok @kadamsidik00, dan (3) urgensi pesan dakwah berhutang di media sosial. Penelitian ini menggunakan teori persepsi Stuart Hall dan teori Model Komunikasi Laswell. Kedua teori ini dianggap penulis sebagai teori paling tepat digunakan dalam penelitian ini dikarenakan tahap penelitian, proses penelitian, dan komponen penelitian yang diperlukan dalam penelitian ada pada kedua teori ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tujuan memberikan deskripsi yang realistis, aktual, dan faktual mengenai fenomena yang diteliti. Metode ini digunakan untuk merumuskan fakta-fakta yang akurat dan menjelaskan serta menguji sebuah permasalahan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme karena realitas sosial dipandang sebagai hasil dari konstruksi sosial, dan kebenarannya bersifat relatif. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa persepsi mahasiswa terhadap konsep berhutang, khususnya dalam konteks layanan Paylater, sangat bervariasi. Terdapat tiga posisi yang dapat diidentifikasi dalam persepsi ini, yaitu Posisi Hegemonic Dominan, Posisi Negosiasi, dan Posisi Oposisi. Dakwah Husain Basyaiban melalui akun TikTok @kadamsidik00 dianggap relevan dan penting oleh informan. Konten dakwahnya, terutama yang membahas berhutang, dinilai memiliki dampak yang signifikan pada pemahaman dan perilaku individu terkait dengan pengelolaan keuangan dan nilai-nilai agama serta dapat memberikan informasi yang bermanfaat, terutama dalam konteks nilai-nilai agama Islam. Dakwah ini dianggap sebagai cara yang efektif untuk mengedukasi dan mempengaruhi penonton, terutama generasi muda, dalam pengambilan keputusan keuangan yang bijak. Kata Kunci: Persepsi; Hutang; Dakwah; TikTok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Hutang; Dakwah; TikTok.
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurhikmah Desi
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:42
Last Modified: 31 Oct 2023 07:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81193

Actions (login required)

View Item View Item