Motif pengguna Second Account pada Social Media Instagram dalam menciptakan Social Well-Being : Studi deskriptif pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sulistriani, Tria (2023) Motif pengguna Second Account pada Social Media Instagram dalam menciptakan Social Well-Being : Studi deskriptif pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Social media menjadi sumber informasi bagi masyarakat bersanding dengan media lainnya seperti televisi, radio dan sebagainya. Salah satu social media paling populer saat ini adalah instagram. Kemudahan dalam penggunaan aplikasi Instagram juga turut membuat mengapa Instagram begitu populer. Munculnya fenomena second account sebenarnya terbilang baru terkait dengan semakin populernya social media Instagram. Istilah second account sebenarnya tidak hal baku untuk menentukan akun ini merupakan second account maupun first account. Permasalahan yang akan diteliti mengenai bagaimana motif para pengguna second account dalam menciptakan social well-being. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa motif penggunaan second account instagram pada kalangan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam menciptakan rasa social well-being, Jika ditinjau dari teori dramaturgi. Di dalam teori dramaturgi, terdapat konsep front stage (panggung depan) dan back stage (panggung belakang). Dalam front stage, Goffman membedakan antara setting dan front personal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk pengambilan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling di lingkungan Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori Goffman dimana terdapat perbedaan penggunaan dalam penelitian ini para Informan menggunakan second account sebagai panggung belakang yaitu akun bebas dalam melakukan segala hal sedangkan akun utam di jadikan sebagai panggung depan yaitu akun pencitraan dan formalitas kepada khalayak saja. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan kepada informan dan melihat kegiatan yang dilakukan infroman pada second account, lalu melihat pola tingkah laku informan secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian terdapat sepuluh informan sesuai dengan konsep penelitian yang hendak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dramaturgi; Instagram; Second Account; Social Well-Being
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Welfare, Problems and Services
Public Performances
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sulistriani Tria
Date Deposited: 06 Nov 2023 05:44
Last Modified: 06 Nov 2023 05:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81568

Actions (login required)

View Item View Item