Susanti, Putri (2023) Pengembangan majalah elektronik berbasis infografis untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi sumber energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik adalah dengan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk melatih kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan majalah elektronik berbasis infografis, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan literasi sains peserta didik pada materi sumber energi di kelas X5 SMAN 1 Jampang Tengah dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan desain penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran majalah elektronik berbasis infografis layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan rata-rata persentase 90,5%, keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media majalah elektronik dikategorikan efektif dengan persentase 75,7%, dan peningkatan literasi sains peserta didik memperoleh nilai n-gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji menggunakan uji Wilcoxon memperoleh nilai Asymp. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik sebelum dan setelah menggunakan majalah elektronik berbasis infografis pada materi sumber energi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Majalah Elektronik; Infografis; Literasi Sains; Sumber Energi; |
Subjects: | Education, Research Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Putri Susanti |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 01:14 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 01:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81686 |
Actions (login required)
View Item |