Pengembangan majalah elektronik berbasis infografis untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi sumber energi

Susanti, Putri (2023) Pengembangan majalah elektronik berbasis infografis untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi sumber energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik adalah dengan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk melatih kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan majalah elektronik berbasis infografis, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan literasi sains peserta didik pada materi sumber energi di kelas X5 SMAN 1 Jampang Tengah dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan desain penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran majalah elektronik berbasis infografis layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan rata-rata persentase 90,5%, keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media majalah elektronik dikategorikan efektif dengan persentase 75,7%, dan peningkatan literasi sains peserta didik memperoleh nilai n-gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji menggunakan uji Wilcoxon memperoleh nilai Asymp. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik sebelum dan setelah menggunakan majalah elektronik berbasis infografis pada materi sumber energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Majalah Elektronik; Infografis; Literasi Sains; Sumber Energi;
Subjects: Education, Research
Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Putri Susanti
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:14
Last Modified: 07 Nov 2023 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81686

Actions (login required)

View Item View Item