Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri terbuka dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan

Shodiq, Ghaida Zahira (2023) Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri terbuka dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, Universitas Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Model inkuiri terbimbing merupakan pembelajaran yang didalamnya peserta didik memperoleh pedoman dengan sesuai kebutuhannya, pedoman tersebut biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan yang membimbing. Model inkuiri terbuka yang dimana dalam penerapannya pembelajaran dsilaksanakan dengan menjadikan siswa sebagai subjek utama yaitu peserta didik diharuskan untuk dapat mengidentifikasi dan menemukan topik permasalahan dengan mandiri. Permasalah dalam menentukan pendekatan dalam proses pembelajaran yang tidak sesuai akan berdampak besar pada proses pembelajaran, seperti siswa tidak memiliki antusias yang tinggi, tidak efektif, dan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara kedua model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Inkuiri Terbuka dalam peningkatan hasil kognitif siswa pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Comparison Group Pretest-Post-Test Design yang menentukan kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2. Sampel yang digunakan kelas VIII 1 menjadi kelas eksperimen 2 berjumlah 27 siswa, dan kelas VIII 2 menjadi kelas eksperimen 1 berjumlah 27, keseluruhan 54 sampel. Perbadingan dapat dilihat melalui uji N-gain, kelas eksperimen 1 mengalami peningkatan sebesar 0,70 berkategori tinggi, sedangkan kelas eksperimen 2 mengalami peningkatan sebesar 0,60 berkategori sedang. Pada uji T test yang memperoleh nilai 0,001 nilai Asymp. Sig. (2 tailed) lebih kecil dari taraf signifikansinya, dengan hal itu hasil H0 ditolak sementara H1 diterima, penelitian ini dapat disimpulkan secara signifikan bahwa terdapat perbedaan antara penerapan model inkuiri terbuka dengan inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil kognitif siswa pada materi sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Kognitif; Inkuiri Terimbing; Inkuiri Terbuka; Sistem Pencernaan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ghaida Zahira Shodiq
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:49
Last Modified: 08 Nov 2023 00:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81771

Actions (login required)

View Item View Item