Pengaruh model pembelajaran Audiotory Intellectually Repetition (AIR) terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas V

Nafilah, Samaina Azka (2023) Pengaruh model pembelajaran Audiotory Intellectually Repetition (AIR) terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas V. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hasil peningkatan pada pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model Audiotory, Intellectually, Repetition (AIR) pada kelas eksperimen dan model Numbered Head together (NHT) pada kelas kontrol. Pada penelitian ini menggunakan model pembelajaran Audiotory, Intellectually, Repetition (AIR) untuk kelas eksperimen dengan Langkah-langkah; 1) Audiotory (Mendengar/Menyimak), 2) Intellectually (Berfikir/Memecahkan masalah), 3) Repetition (Pengulangan), dan model pembelajaran Numbered Head together (NHT) pada kelas kontrol dengan menggunakan Langkah-langkah; 1) Numbered (Penomeran), 2) Head (Nomor yang diletakan dikepala), 3) Together (Bersama-sama). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu, metode kuantitatif dengan jenis metode Quasy Eksperimen desain None Equevalen Group Design Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yakni: H0 : µ1 = µ2 : Model Pembelajaran Audiotory, Intellectualy, Repetition (AIR) tidak terdapat perbedaan dari model pembelajaran Numbered Head together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika kelas V. H1 : µ1 ≠µ2 : Model pembelajaran Audiotory, Intellectualy, Repetition (AIR) terdapat perbedaan dari model pembelajaran Numbered Head together (NHT) terhadap pemahaman konsep Matematika kelas V. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI AL Ishlah Kab.Bandung tahun pelajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematis dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran Audiotory, Intellectually, Repetition (AIR) pada kelas eksperimen dan model Numbered Head together (NHT) pada kelas kontrol. Hasil penelitian setelah diberikan model pembelajaran Audiotory, Intellectually, Repetition (AIR) pada kelas eksperimen dan model Numbered Head together (NHT) pada kelas control diperoleh bahwa: menunjukkan bahwa diperoleh nilai t sebesar 3,619 dan nilai sig.0,003<0,05 sehingga〖 H〗_0 ditolak dan terima H_!. Artinya terdapat perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika antara siswa yang menggunakan model AIR dengan siswa yang menggunakan model NHT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep; Audiototory; Intellectually; Repetition;
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Samaina Azka Nafilah
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:08
Last Modified: 15 Nov 2023 01:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82190

Actions (login required)

View Item View Item