Peningkatan kemampuan pembuktian dan penalaran deduktif matematis dengan menggunakan model pembelajaran Case Based Learning: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X di SMA Negeri Cimanggung

Kania Putri, Risa (2023) Peningkatan kemampuan pembuktian dan penalaran deduktif matematis dengan menggunakan model pembelajaran Case Based Learning: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X di SMA Negeri Cimanggung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pendahuluan yang menunjukkan perlunya peningkatan kemampuan pembuktian dan penalaran deduktif matematis siswa. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah menerapkan model pembelajaran Case Based Learning (CBL). Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan pembuktian dan penalaran deduktif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Case Based Learning (CBL). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dan desain penelitiannya adalah Noneequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Cimanggung pada materi rasio dan perbandingan trigonometri di kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) terlaksana dengan sangat baik, kemampuan pembuktian matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) terdapat peningkatan yang termasuk ke dalam kategori rendah, kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) terdapat peningkatan yang termasuk ke dalam kategori sedang, sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model CBL menunjukkan sikap yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Case Based Learning; Kemampuan Pembuktian Matematis; Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Risa Kania Putri
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:29
Last Modified: 21 Nov 2023 06:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82391

Actions (login required)

View Item View Item