Fungsi media sosial dalam membangun identitas Pondok Pesantren Tahfizh Griya Quran Bandung

Arifiana, Nurbaiti (2023) Fungsi media sosial dalam membangun identitas Pondok Pesantren Tahfizh Griya Quran Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Selain sebagai lembaga pendidikan, pondok pesantren memegang peranan sebagai lembaga dakwah dan lembaga sosial. Hal tersebut sesuat pendapat pendapat Mastuh (1994: 59-61). Pondok Pesantren Tahfizh Griya Quran Bandung menjadi objek dalam penelitian ini karena tergolong baru didirikan namun banyak santri yang berasal dari daerah luar daerah Bandung. Hal ini tidak akan serta merta terjadi begitu saja tanpa memanfaatkan adanya media komunikasi saat ini seperti media. Penelitian memiliki tujuan, yang pertama, untuk dapat mengetahui dan mendeskripsikan fungsi media sosial dalam membangun identitas Pondok Pesantren Tahfizh Griya Qur’an Bandung sebagai lembaga pendidikan. Kedua, untuk dapat mengetahui dan mendeskripsikan fungsi media sosial dalam membangun identitas Pondok Pesantren Tahfizh Griya Qur’an Bandung sebagai lembaga dakwah. Ketiga, untuk dapat mengetahui dan mendeskripsikan fungsi media sosial dalam membangun identitas Pondok Pesantren Tahfizh Griya Qur’an Bandung sebagai lembaga sosial . Penelitian ini diharapkan mampu untuk menambah pengetahuan dalam bidang ilmu dakwah dan komunikasi penyiaran Islam terkait analisis tentang fungsi media sosial dalam membangun identitas Pondok Pesantren. Selain itu juga menambah pengetahuan serta mengimplementasikan dalam praktik sosial dan sumbangan sebuah karya tulis ilmiah bagi khazanah intelektual khususnya dalam meningkatkan spiritualitas ilmu keagamaan. Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah, pendekatan Interpretative, pendekatan konstruktivisme, jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teori Identitas Milik Manuel Castells digunakan untuk dapat melakukan analisis data. Sehingga dapat merumuskan hasil penelitian dan pembahasan. Adapun yang dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa fungsi media sosial di Pondok Pesantren Tahfizh Griya Qur’an Bandung sebagai media desiminasi informatif, conversations dan sharing seputar aktivitas pendidikan, dakwah dan sosial yang pada gilirannya membentuk identitas pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren; Media Sosial; Identitas
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurbaiti Arifiana
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:08
Last Modified: 28 Nov 2023 06:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82711

Actions (login required)

View Item View Item