Strategi siaran program Talk Show Radio dalam meningkatkan pemahaman keagamaan Khalayak: Studi deskriptif program siaran kuliah Islam di Radio Fajri 1458 AM Bandung

Mutashim, Fuad (2023) Strategi siaran program Talk Show Radio dalam meningkatkan pemahaman keagamaan Khalayak: Studi deskriptif program siaran kuliah Islam di Radio Fajri 1458 AM Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah adalah sebuah aktivitas yang memiliki tujuan untuk mengajak dan memengaruhi seseorang atau masyarakat untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan yang dilarang oleh Allah SWT. Dalam proses dakwah, memerlukan stratregi yang tersusun dengan rapi sesuai dengan kondisi masyarakat sebagai objek dakwah. Hal tersebut dilakukan oleh Radio Fajri Bandung dalam proses siaran program Kuliah. Hasil dari proses siaran tersebut adalah memberikan pemahaman keagamaan kepada masyarakat melalui materi yang disampaikan selama proses siaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendalami strategi dakwah yang digunakan oleh Radio Fajri Bandung dalam mencapai tujuan meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat melalui program Kuliah Islam. Strategi dakwah merupakan sebuah proses dalam menentukan cara untuk menghadapi sasaran dakwah, untuk mencapai tujuan dakwah. Peneliti membagi fokus penelitian ke dalam empat bagian, yakni perencaanaan dakwah, pelaksanaan dakwah, dan penentuan tujuan dakwah yang dilakukan Radio Fajri Bandung. Untuk mengetahui strategi dakwah tersebut, penelitian ini menggunakan teori strategi dakwah. Teori ini menyatakan jika sebuah strategi dakwah harus berdasarkan pada beberapa azas yakni azas filosofis, azas kemampuan dan keahlian da’i, azas sosiologis, azas psikologis, dan azas efektivitas dan efisesinsi. Asmuni Syukir merupakan tokoh pelopor dari teori strategi dakwah ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian studi deskriptif dengan paradigma interpretif melalui pendekatan kualitatif yang menjelaskan hasil penelitian ini. Dalam proses penelitian, peneliti meninjau apa dan bagaimana strategi dakwah yang terdapat dalam proses siaran program Kuliah Islam. Data penelitian ini dihimpun dengan cara, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi, penyajian, dan verifikasi data agar mempertajam interpretasi peneliti terhadap fenomena yang terjadi. Hasil dari penelitian ini adalah, pertama, perencanaan dakwah program Kuliah Islam yang dimulai dengan menentukan progam acara, narasumber, materi, format acara, dan waktu tayang. Kedua, pelaksanaan dakwah yang mencakup tiga tahapan yakni pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi. Ketiga, penentuan tujuan dakwah yang ingin dicapai yakni memberika pemahaman keagamaan kepada khalayak melalui materi keislaman yang disampaikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi dakwah yang digunakan dalam progam siaran Kuliah Islam, dapat mempertahankan identitas Radio Fajri 1458 AM Bandung sebagai radio siaran yang berbasis dakwah, melalui materi yang dikemas secara menarik dan mudah dipahami, durasi waktu yang tidak membuat pendengar jenuh, dan waktu tayang yang dapat menyesuaikan dengan kondisi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Radio; Talk Show.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Sociology and Anthropology, Society
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fuad Fuad Fuad Mutashim
Date Deposited: 04 Dec 2023 01:37
Last Modified: 04 Dec 2023 04:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82754

Actions (login required)

View Item View Item