Rizal, Syamsul (2023) Penerapan metode Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian quasy eksperimen terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII MTS Al-Misbah Cipadung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di Mts Al-Misbah Cipadung. Saat ini metode pembelajaran yang umum atau lebih seperti metode ceramah, diskusi dan metode latihan. Hasil belajar siswapun masih di bawah KKM 50 %, sehubungan dengan hal itu penulis mencoba untuk menerapkan metode discovery learning diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode discovery learning pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII Mts Al-Misbah Cipadung (2)Mendeskripsikan penerapan metode discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII Mts Al-Misbah Cipadung. (3) Mengetahui peningkatkan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan metode discovery learning pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII Mts Al-Misbah Cipadung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar, sebab dengan pembelajaran discovery learning siswa dapat mencari masalah sendiri, berpikir kritis, mandiri, dan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperimen desain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah 35 orang peserta didik kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan 35 orang peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen di Mts Al-Misbah Cipadung. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas data, uji N-Gain, dan uji Hipotesis. Hasil Penelitian ini Menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode discovery learning pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di kelas VIII Mts Al-Misbah Cipadung memiliki nilai rata rata sebesar 70.29 yang mana nilai rata rata tersebut berada pada kategori cukup (2) Proses penerapan metode discovery learning di kelas VIII Mts Al-Misbah Cipadung dikategorikan baik secara menyeluruh sesuai dengan tahapan-tahapan yang direncanakan. Hal ini berdasarkan hasil observasi pembelajaran dengan 2 kali pertemuan dengan sekor rata-rata yang diperoleh yaitu 94,5%; (3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode discovery learning pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII Mts Al-Misbah Cipadung berada pada kategori Sedang dengan rata-rata indeks N-Gain kelas eksperimen adalah 54%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode discovery learning; hasil belajar kognitif; pembelajaran al-qur'an hadits |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an Al-Hadits dan yang Berkaitan Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kumpulan Hadits Lainnya Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syamsul Rizal |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 01:21 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 01:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82825 |
Actions (login required)
View Item |