Konseling kelompok pendekatan Rasional Emotif Therapy (RET) islami untuk meningkatkan interaksi sosial siswa pengguna Gadget

Andriani, Siska (2022) Konseling kelompok pendekatan Rasional Emotif Therapy (RET) islami untuk meningkatkan interaksi sosial siswa pengguna Gadget. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)

Abstract

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik manusia dengan manusia yang lain, yang pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan membutuhkan orang lain dalam melakukan segala kegiatan, seperti bekerja, belajar, bersedekah, dan masih banyak kegiatan yang lain yang sudah fitrahnya tidak dapat dilakukan sendiri. Namun setiap individu memiliki karakter yang berbeda, ada yang dapat berinteraksi dengan mudah, senang bergaul dengan banyak orang. adapula yang sulit menghadapi dan berinteraksi dengan orang banyak, hanya orang-orang yang dikenalnya saja. Tujuan penelitian ini, yaitu: untuk mendeskripsikan program konseling kelompok pendekatan RET Islami untuk meningkatkan interaksi sosial siswa pengguna gadget, mendeskripsikan proses konseling kelompok pendekatan RET Islami untuk meningkatkan interaksi sosial siswa pengguna gadget, mendeskripsikan hasil konseling kelompok pendekatan RET Islami serta untuk meningkatkan interaksi sosial siswa pengguna gadget di kelas VIII SMP Islam Kalapanunggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu penulis bermaksud mengungkapkan program, proses serta hasil dan penelitian konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan RET Islami untuk meningkatkan interaksi sosial siswa pengguna gadget di SMP Islam Kalapanunggal dengan menggunakan berbagai metode yaitu observasi, wawancara langsung dengan guru BK dan siswa siswi kelas VIII yag terlibat proses konseling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan RET Islami, yaitu: pendekatan RET Islami dapat mengembalikan pemikiran-pemikiran irasional siswa menjadi pemikiran yang rasional dilihat dari perilaku siswa setelah melaksanakan konseling tidak lagi membawa dan menggunakan gadget secara berlebihan, pendekatan RET Islami dapat meningkatkan interaksi sosial siswa sesuai dengan kriteria interaksi yakni memiliki sikap empati dan simpati, memiliki rasa tanggungjawab atas diri sendiri, berkomunikasi menjadi lebih aktif serta memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar khususnya di sekolah SMP Islam Kalapanunggal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok; Rasional Emotif; Interaksi Sosial
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siska Andriani
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:02
Last Modified: 06 Dec 2023 01:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82835

Actions (login required)

View Item View Item