Mahendra, Muhamad Ihsan Putra (2023) Pengaruh model Generative Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (376kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung, diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang dipakai oleh guru tidak dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa, menganalisis pengaruh model Generative Learning, dan untuk menganalisis respon siswa terhadap model Generative Learning pada materi sistem gerak pada siswa kelas XI2 sebanyak 35 siswa dan XI-7 sebanyak 35 siswa di salah satu SMA Negeri Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 87% dan keterlaksanaan siswa sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan rata-rata nilai posttest sebesar 83,20 dengan nilai N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Terdapat pengaruh signifikan dengan diterapkannya model Generative Learning dan rata-rata respon siswa sebesar 61,41% dengan kategori baik Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa terdapat pengaruh positif dari model Generative Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Generative Learning; Hasil Belajar Kognitif Siswa; Sistem Gerak |
Subjects: | Education > Statistic of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhamad Ihsan Putra Mahendra |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 02:28 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 02:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83122 |
Actions (login required)
View Item |