Pengaruh model Generative Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak

Mahendra, Muhamad Ihsan Putra (2023) Pengaruh model Generative Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung, diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang dipakai oleh guru tidak dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa, menganalisis pengaruh model Generative Learning, dan untuk menganalisis respon siswa terhadap model Generative Learning pada materi sistem gerak pada siswa kelas XI2 sebanyak 35 siswa dan XI-7 sebanyak 35 siswa di salah satu SMA Negeri Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 87% dan keterlaksanaan siswa sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan rata-rata nilai posttest sebesar 83,20 dengan nilai N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Terdapat pengaruh signifikan dengan diterapkannya model Generative Learning dan rata-rata respon siswa sebesar 61,41% dengan kategori baik Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa terdapat pengaruh positif dari model Generative Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Generative Learning; Hasil Belajar Kognitif Siswa; Sistem Gerak
Subjects: Education > Statistic of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhamad Ihsan Putra Mahendra
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:28
Last Modified: 13 Dec 2023 02:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83122

Actions (login required)

View Item View Item