Transformasi gaya hidup mahasiswa eksplorasi dampak penggunaan ShopeePayLater pada pola konsumsi dan keuangan mahasiswa: Studi pada mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019

Yusuf, Zaelani (2023) Transformasi gaya hidup mahasiswa eksplorasi dampak penggunaan ShopeePayLater pada pola konsumsi dan keuangan mahasiswa: Studi pada mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan fitur ShopeePayLater pada mahasiswa dimana penggunaan fitur tersebut dapat berdampak pada perubahan gaya hidup mereka. Penelitian ini berfokus pada pola konsumsi dan keuangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa untuk menggunakan layanan ShopeePayLater. Kemudian Peneliti ingin melihat bagaimana dampak penggunaan ShopeePayLater pada pola konsumsi dan keuangan mahasiswa. Serta mengetahui bagaimana perubahan gaya hidup mahasiswa pengguna ShopeePayLater. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengguunaka teori pertukaran sosial dari George C. Humans mengenai proposisi rasionalitas yang mengemukakan bahwa tidakan yang diakukan oleh individu merupakan tindakan yang berdasarkan pertimbangan rasional, dengan melakukan analisis logis tentang manfaat dan biaya dari tindakan yang mereka ambil dalam hubungannya. Teori ini digunakan oleh peneliti untuk melihat bagaimana tindakan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menggunakan fitur ShopeePayLater. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari informan lalu data sekunder diperoleh dari studi literatur dari berbagai macam sumber buku, jurnal, dan website. Kemudian teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pengunaan fitur ShopeePayLater pada mahasiswa karena adanya kemudahan akses, potongan harga serta gratis ongkos kirim jika menggunakan fitur tersebut. Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan fitur ShopeePayLater pada mahasiswa dapat berdampak pada pola konsumsi dan keuangan mereka, mahasiswa tidak dapat mengatur keuangan karena tidak mempertimbangkan cicilan. Perubahan gaya hidup yang terjadi pada mahasiwa pengguna fitur ShopeePayLater terlihat lebih konsumtif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup Mahasiswa; Penggunaan ShopeePayLater; Perilaku Konsumtif; Pola Konsumsi dan Keuangan.
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Social Process > Social Change
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Zaelani Yusuf
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:39
Last Modified: 19 Dec 2023 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83215

Actions (login required)

View Item View Item