Penerapan Metode Quantum Reading Quran (QRQ) berbasis Audio Visual Aids (AVA) untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis Al-Quran : Penelitian quasi eksperimen pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas 6a SD Negeri 092 Cibadak Andir Kota Bandung

Wahyu, Asep (2023) Penerapan Metode Quantum Reading Quran (QRQ) berbasis Audio Visual Aids (AVA) untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis Al-Quran : Penelitian quasi eksperimen pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas 6a SD Negeri 092 Cibadak Andir Kota Bandung. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Cover Image

Download (258kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx

Download (39kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an dianggap sebagai keterampilan dasar yang penting, tidak hanya untuk aspek spiritual, tetapi juga dalam menghadapi tuntutan globalisasi. Penelitian ini merespon permasalahan di SD Negeri 092 Cibadak Andir Kota Bandung, di mana sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan metode QRQ berbasis AVA pada siswa SD Negeri 092 Cibadak Andir Kota Bandung, (2) Untuk mengetahui efektivitas metode QRQ berbasis AVA dalam meningkatkan keterampilan membaca Al Quran pada siswa SD Negeri 092 Cibadak Andir Kota Bandung, (3) efektivitas metode QRQ berbasis AVA dalam meningkatkan keterampilan menulis Al Quran pada siswa SD Negeri 092 Cibadak Andir Kota Bandung, dan (4) apakah ada perbedaan signifikan antara ke membaca dan menulis Al Quran pada kelompok siswa yang menggunakan metode QRQ berbasis AVA dengan yang tidak menggunakan metode QRQ berbasis AVA di SD Negeri 092 Cibadak Andir Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui pendekatan quasi eksperimen. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode QRQ berbasis AVA meningkatkan pemahaman membaca Al-Qur’an pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. (2) Baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol mengalami peningkatan dalam membaca Al-Quran, namun kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan. (3) Korelasi kuat antara pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan keterampilan menulis Al-Quran, terutama pada kelas eksperimen. (4) Metode QRQ berbasis AVA membantu siswa membaca dan menulis Al-Qur’an dengan pemahaman yang lebih baik, disertai dengan respons positif dari siswa. Berdasar temuan penelitian ini, disarankan untuk menggunakan metode QRQ berbasis AVA dan terus mengembangkannya dengan pelatihan guru, evaluasi rutin, dan peningkatan sarana dan prasarana sebagai langkah-langkah penting dalam pengembangan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode QRQ; Audio Visual Aids (AVA); Keterampilan Membaca; Menulis Al-Qur’an
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asep Wahyu
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:53
Last Modified: 22 Dec 2023 01:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83439

Actions (login required)

View Item View Item