Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Asset Tangibility terhadap Leverage perusahaan : Studi pada perusahaan Property dan Real Estate di BEI periode 2016-2022

Rachmani, Nabeela Puteri (2023) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Asset Tangibility terhadap Leverage perusahaan : Studi pada perusahaan Property dan Real Estate di BEI periode 2016-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Asset Tangibility terhadap Leverage perusahaan. Leverage diukur dengan rasio hutang terhadap ekuitas, dan variabel independen melibatkan Profitabilitas yang diukur dengan Return on Assets (ROA), Ukuran Perusahaan yang diukur dengan total aset, dan Asset Tangibility yang diukur dengan rasio aset tetap terhadap total aset. Berdasarkan fokus penelitian, studi ini juga bertujuan untuk menegaskan hubungan sebab-akibat antara variabel independen Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Asset Tangibility terhadap variabel dependen, yaitu Leverage. Metode pengambilan sampel yang dipilih adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di BEI selama periode penelitian. Metode analisis regresi digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap Leverage, menunjukkan bahwa perusahaan yang lebih profitabel cenderung menggunakan lebih banyak hutang. Ukuran Perusahaan juga memiliki pengaruh negatif signifikan, menunjukkan bahwa perusahaan yang lebih besar cenderung memiliki Leverage yang lebih tinggi. Sementara itu, Asset Tangibility menunjukkan pengaruh negatif tidak signifikan terhadap Leverage, menunjukkan bahwa tingkat kepemilikan aset tetap relatif tidak memengaruhi kebijakan hutang perusahaan. Hasil ini memberikan wawasan bagi manajer keuangan, investor, dan regulator tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan Leverage perusahaan. Manajer keuangan dapat mempertimbangkan aspek-aspek ini dalam pengambilan keputusan terkait struktur modal, sementara investor dan regulator dapat menggunakan informasi ini untuk menilai risiko dan kinerja perusahaan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi pada literatur tentang struktur modal dengan menyoroti peran variabel-variabel tertentu dalam membentuk kebijakan Leverage perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Leverage; Profitabilitas; Ukuran Perusahaan; Asset Tangibility;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nabeela Puteri Rachmani
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:12
Last Modified: 09 Jan 2024 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83912

Actions (login required)

View Item View Item