Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Bandung

Juanda, Asep (2023) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada kepemimpinan dan iklim madrasah serta melihat pengaruhnya kepada kinerja guru di madrasah tsanawiyah negeri se-Kota Bandung` Berdasarkan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang masih rendah, menunjukkan bahwa tingkat kinerja guru masih rendah. Kinerja guru dalam upaya peningkatannya, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, sehingga berdampak pada tinggi rendah kinerja guru tersebut. Faktor-faktor tersebut, antara lain adalah kepemimpinan kepala madrasah dan iklim organisasi madrasah. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru adalah melaksanakan kepemimpinan kepala madrasah yang baik dan menciptakan iklim organisasi madrasah yang kondusif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru, untuk menganalisis pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru, dan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara bersama sama terhadap kinerja guru Teori yang digunakan pada penelitian ini untuk variabel kepemimpinan kepala madrasah menurut Blake dan Mouton meliputi: 1). Orientasi Tuga dan 2). Orientasi Orang, Variabel Iklim madrasah menurut Moos dan Arter meliputi : 1) Hubungan, 2) Pertumbuhan dan Perkembangan Pribadi, 3) Perubahan, dan 4) lingkungan fisik. Variabel kinerja guru mengacu kepada Permendiknas No. 16 Tahun 2007 meliputi: 1) Kompetensi Pedagogik, 2) Kompetensi Kepribadian, 3) Kompetensi Profesional, dan 4) Kompetensi Sosial Pendekatan penelitian adalah rencana konsep dan prosedur untuk penelitian yang mencakup langkah-langkah mulai dari asumsi luas hingga metode terperinci dalam pengumpulan data, analisis, dan interpretasi. Sumber data diambil dari guru madrasah tsanawiyah negeri se-Kota Bandung. Teknik analisis data menggunakan angket diberikan kepada guru madrasah tsanawiyah dan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier berganda (uji t dan uji f) serta koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah (X1) terhadap kinerja guru (Y). Pengujian koefisien determinasi untuk variabel kepemimpinan kepala madrasah (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,311 atau 31,1%. (2) terdapat pengaruh iklim madrasah (X2) terhadap kinerja guru (Y). Pengujian koefisien determinasi untuk variabel iklim madrasah (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,704 atau 70,4 %. (3) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah (X1) dan iklim madrasah (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y). Pengujian koefisien determinasi untuk variabel kepemimpinan kepala madrasah (X1) dan iklim madrasah (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,720 atau 72%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah; Iklim Madrasah; Kinerja Guru Madrasah
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Juanda Asep
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:33
Last Modified: 15 Jan 2024 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84045

Actions (login required)

View Item View Item