Pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar dan sikap moderasi beragama peserta didik pada mata pelajaran PAI materi Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 : Penelitian kuasi eksperimen di kelas IV SD Ashfiya

Jakfar, Ferdi (2023) Pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar dan sikap moderasi beragama peserta didik pada mata pelajaran PAI materi Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 : Penelitian kuasi eksperimen di kelas IV SD Ashfiya. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh model mengajar yang digunakan pendidik SD Ashfiya Kota Bandung belum bervariasi serta peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya tidak ada kesan cukup jelas untuk memahami gambaran secara umum dari pelajaran yang telah disampaikan oleh pendidik, sehingga hasil belajar yang dihasilkan peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) pelaksanaan pembelajaran PAI pada materi Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran ceramah di kelas IV SD Ashfiya; (2) pengaruh model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran PAI materi Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Ashfiya; (3) pengaruh model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran PAI materi Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 terhadap sikap moderasi beragama peserta didik di kelas IV SD Ashfiya, dan (4) perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini didasarkan dari sebuah pemikiran yang menyatakan bahwa discovery learning memberikan kesempatan penuh kepada peserta didik untuk dapat mengembangkan hasil belajar dan sikap moderasi beragama mereka. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Penyebaran tes dan angket ditujukan kepada 47 peserta didik sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan; (1) pelaksanaan pembelajaran PAI materi Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berjalan dengan lancar, sedangkan pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran ceramah berjalan kurang lancar; (2) pengaruh hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran discovery learning diperoleh nilai sebesar 82,29 dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ceramah diperoleh nilai sebesar 68,28 dengan kriteria cukup; (3) pengaruh penerapan model discovery learning pada materi Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 memberikan pengaruh positif terhadap sikap moderasi beragama peserta didik. Ini dicerminkan oleh siswa pada saat kegiatan upacara tengah berlangsung siswa diarahkan untuk tertib dalam melaksanakannya agar mampu melahirkan suasana yang kondusif serta harmonis dalam lingkup SD Ashfiya; (4) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan nilai 82,29 sedangkan kelas kontrol dengan nilai 68,28, hasil uji hipotesisnya yaitu 0,049 < 0,05, artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; pembelajaran PAI; discovery learning; hasil belajar; moderasi beragama;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ferdi Jakfar
Date Deposited: 17 Jan 2024 00:39
Last Modified: 17 Jan 2024 00:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84152

Actions (login required)

View Item View Item