Pengelolaan media sosial Youtube Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat sebagai media informasi dan publikasi : Studi deskriptif pada akun Youtube @BapendaJabar

Akbar, Zidan Addinul (2023) Pengelolaan media sosial Youtube Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat sebagai media informasi dan publikasi : Studi deskriptif pada akun Youtube @BapendaJabar. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)

Abstract

Perpindahan telah beralih dari era industrialisasi ke era informasi yang kemudian melahirkan masyarakat informasi (information society). Garis besar mengenai information society adalah sebuah masyarakat yang sebahagian besar angkatan kerjanya adalah pekerja di bidang informasi, dan informasi telah menjadi elemen yang dianggap paling penting dalam kehidupan. Melalui media sosial youtube, bagian Humas Bapenda Jabar aktif mengunggah informasi mengenai program, kegiatan dan kebijakannya, seperti kegiatan Kepala Bapenda Jabar, informasi mengenai bayar pajak kendaraan bermotor, dan juga informasi mengenai pelayanan atau program lainnya yang menyangkut Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan media sosial youtube @BapendaJabar sebagai informasi dan publikasi mulai dari aktivitas mengelola (share), mengoptimalkan (optimize), mengelola (manage) dan aktivitas melibatkan (engage). Konsep yang digunakan adalah The Circullar Model of Some for Social Communication dari Regina Luttrell (2015). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial youtube Badan Pendapatan Daerah sebagai media informasi dan publikasi melalui empat aktivitas. Aktivitas membagikan (share) konten merupakan aktivitas awal yang dilakukan, aktivitas awal ini melakukan pengumpulan ide dan gagasan untuk pengolahan informasi yang akurat dan tepat sehingga meningkatkan partisipasi publik agar dapat terhubung dengan publik sehingga menumbuhkan kepercayaan publik, kemudian produksi dan publikasi konten. Aktivitas mengoptimalkan (optimize) pesan, pada aktivitas ini anggota melakukan media screening untuk mengetahui jenis konten informasi yang banyak diminati oleh publik. Aktivitas mengelola (manage) pada aktivitas ini melakukan media monitoring untuk pengelolaan informasi melalui fitur-fitur yang ada di youtube, kemudian memberikan respon cepat (quick responses) kepada publik. Aktivitas melibatkan (engage) publik dengan mengadakan kegiatan bersama dengan publik dan berkolaborasi dengan influencer yang memiliki pengaruh masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Media Sosial; The Circular Model of Some; Youtube
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Zidan Addinul Akbar
Date Deposited: 18 Jan 2024 00:55
Last Modified: 18 Jan 2024 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84177

Actions (login required)

View Item View Item