Upaya konselor dalam mengembangkan Self Control di kalangan anak remaja : Penelitian di SMP Pasundan Rancaekek kelas IX

Halimah, Siti (2022) Upaya konselor dalam mengembangkan Self Control di kalangan anak remaja : Penelitian di SMP Pasundan Rancaekek kelas IX. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Self control yang banyak terjadi seperti siswa kurang mengontrol sikap saat belajar, siswa sering berbicara dengan teman di sampingnya membuat guru mengeluh dengan sikap siswa, sehingga melibatkan Konselor Sekolah membantu siswa agar mengontrol sikap saat belajar dan diluar proses belajar, seperti ikut teman membolos, dan ikut teman tawuran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya konselor dalam mengembangkan self control siswa, untuk mengetahui bagaimana upaya konselor dalam mengatasi kendala dalam mengembangkan self control siswa, untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menghambat dan mendukung dalam pelaksanaan self control siswa di SMP Pasundan Rancaekek. Teori dalam penelitian ini mengunakan teori kualitatif dengan bimbingan Bimbingan Dan Konseling individu, bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal. Subjek penelitian adalah satu orang kepala sekolah, satu orang Konselor Sekolah, satu orang guru mata pelajaran dan dua orang siswa di SMP Pasundan Rancaekek. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya konselor dalam mengembangkan self control adalah memberikan bimbingan, arahan, layanan kepada siswa sebanyak dua kali, apabila bimbingan, arahan, yang diberikan Konselor Sekolah belum mengubah siswa lebih baik, Konselor Sekolah akan melakukan kunjungan rumah, mengirim surat untuk orang tua siswa, agar datang ke sekolah, Konselor Sekolah bertanya dahulu bagaimana siswa dirumah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konselor; Self Control Remaja
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Halimah
Date Deposited: 18 Jan 2024 05:56
Last Modified: 18 Jan 2024 05:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84184

Actions (login required)

View Item View Item