Halimah, Siti (2022) Upaya konselor dalam mengembangkan Self Control di kalangan anak remaja : Penelitian di SMP Pasundan Rancaekek kelas IX. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
Abstract
Self control yang banyak terjadi seperti siswa kurang mengontrol sikap saat belajar, siswa sering berbicara dengan teman di sampingnya membuat guru mengeluh dengan sikap siswa, sehingga melibatkan Konselor Sekolah membantu siswa agar mengontrol sikap saat belajar dan diluar proses belajar, seperti ikut teman membolos, dan ikut teman tawuran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya konselor dalam mengembangkan self control siswa, untuk mengetahui bagaimana upaya konselor dalam mengatasi kendala dalam mengembangkan self control siswa, untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menghambat dan mendukung dalam pelaksanaan self control siswa di SMP Pasundan Rancaekek. Teori dalam penelitian ini mengunakan teori kualitatif dengan bimbingan Bimbingan Dan Konseling individu, bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal. Subjek penelitian adalah satu orang kepala sekolah, satu orang Konselor Sekolah, satu orang guru mata pelajaran dan dua orang siswa di SMP Pasundan Rancaekek. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya konselor dalam mengembangkan self control adalah memberikan bimbingan, arahan, layanan kepada siswa sebanyak dua kali, apabila bimbingan, arahan, yang diberikan Konselor Sekolah belum mengubah siswa lebih baik, Konselor Sekolah akan melakukan kunjungan rumah, mengirim surat untuk orang tua siswa, agar datang ke sekolah, Konselor Sekolah bertanya dahulu bagaimana siswa dirumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konselor; Self Control Remaja |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Siti Halimah |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 05:56 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 05:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84184 |
Actions (login required)
View Item |