Penerapan model pembelajaran Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, Extending (RICOSRE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Efficacy siswa

Fitria, Annisa (2023) Penerapan model pembelajaran Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, Extending (RICOSRE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy yang masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (2) pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) tinggi, sedang dan rendah; serta (3) self efficacy siswa terhadap model pembelajaran RICOSRE. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMPN di Kabupaten Bandung. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VIII sebanyak 10 kelas dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-H dan kelas VIII-J. Sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, tes PAM, tes kemampuan berpikir kritis matematis dengan kriteria validitas tinggi serta lembar angket self efficacy siswa. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: (1) peningkatan kemampuan bepikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan PAM tinggi, sedang dan rendah; serta (3) self efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran RICOSTE menunjukkan sikap positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan model RICOSRE mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model RICOSRE (Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, Extending); Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Self Efficacy
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Fitria
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:08
Last Modified: 22 Jan 2024 01:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84291

Actions (login required)

View Item View Item