Fitria, Annisa (2023) Penerapan model pembelajaran Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, Extending (RICOSRE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (965kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy yang masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (2) pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) tinggi, sedang dan rendah; serta (3) self efficacy siswa terhadap model pembelajaran RICOSRE. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMPN di Kabupaten Bandung. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VIII sebanyak 10 kelas dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-H dan kelas VIII-J. Sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, tes PAM, tes kemampuan berpikir kritis matematis dengan kriteria validitas tinggi serta lembar angket self efficacy siswa. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: (1) peningkatan kemampuan bepikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan PAM tinggi, sedang dan rendah; serta (3) self efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran RICOSTE menunjukkan sikap positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan model RICOSRE mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model RICOSRE (Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, Extending); Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Self Efficacy |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Annisa Fitria |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 01:08 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 01:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84291 |
Actions (login required)
View Item |