Pengaruh gaya kepemimpinan kiai dan komunikasi organisasi terhadap kepatuhan santri di Kabupaten Ciamis: Penelitian di Pondok Pesantren Manarul Huda Ciamis, Pondok Pesantren Al Hidayah Sukamanah, Pondok Pesantren Al Mujtahidin Karangsari dan Pondok Pesantren Daarul Huda Maleber

Adima, Moh Zidna Faojan (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan kiai dan komunikasi organisasi terhadap kepatuhan santri di Kabupaten Ciamis: Penelitian di Pondok Pesantren Manarul Huda Ciamis, Pondok Pesantren Al Hidayah Sukamanah, Pondok Pesantren Al Mujtahidin Karangsari dan Pondok Pesantren Daarul Huda Maleber. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Kiai dalam suatu pondok pesantren merupakan unsur yang menempati posisi sentral yaitu sebagai pemilik, pengelola, pengajar, dan pemimpin yang mempunyai pengaruh dan kekuasaan penuh dalam mengatur setiap kegiatan di pesantren. Gaya kepemimpinan kiai yang menjadikan pengaruh besar terhadap suatu kegiatan di pondok pesantren. Komunikasi organisasi juga sangat penting antara kiai, pengurus organisasi dan santrinya demi terselenggaranya kegiatan belajar mengajar yang efektif. Dari penelitian ini, diharapkan mampu mempengaruhi kepatuhan santri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kiai terhadap kepatuhan santri, untuk mengetahui pengaruh komunikasi organisasi terhadap kepatuhan santri, dan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kiai dan komunikasi organisasi terhadap kepatuhan santri di Pondok Pesantren Manarul Huda Ciamis, Pondok Pesantren Al Hidayah Sukamanah, Pondok Pesantren Al Mujtahidin Karangsari dan Pondok Pesantren Daarul Huda Maleber. Penulis mengambil dari pemikiran Rogers yang mengatakan Leadership Is Communication. Kemampuan pemimpin dalam berkomunikasi akan menentukan berhasil tidaknya pemimpin dalam melaksanakan tugasnya di dalam organisasi. Metode penelitian yang peneliti digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel gaya kepemimpinan kiai, komunikasi organisasi dan kepatuhan santri. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 109 santri. Sementara itu hipotesis yang digunakan adalah teknik analysis regresi. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Ada pengaruh gaya kepemimpinan kiai terhadap kepatuhan santri dengan hasil signifikansi yang mempunyai besaran 0.166 dengan persentase 16%; 2) Ada pengaruh komunikasi organisasi terhadap kepatuhan santri dengan hasil nilai sebesar 0.276 dengan persentase 27,6%; 3) Ada pengaruh gaya kepemimpinan kiai dan komunikasi organisasi terhadap kepatuhan santri dengan nilai koefisien sebesar R2 = 0.130 yang mempunyai besaran nilai signifikan 0,130, dengan persentase 13% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa semakin baik gaya kepemimpinan kiai dan komunikasi organisasi maka semakin baik juga dalam mempengaruhi kepatuhan santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan kiai; Komunikasi Organisasi; Kepatuhan Santri
Subjects: Religious Mythology > Religions and Secular Disciplines
Social Interaction, Interpersonal Relations
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
General Management > Internal Organizations
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moh Zidna Faojan Adima
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:08
Last Modified: 23 Jan 2024 04:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84321

Actions (login required)

View Item View Item