Implementasi media film pendek pada pembelajaran PAI dan BP materi Al-Quran dan Hadits untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap disiplin siswa : Penelitian quasi eksperimen di SMK Negeri 15 Bandung

Meinura, Eka Dudy (2023) Implementasi media film pendek pada pembelajaran PAI dan BP materi Al-Quran dan Hadits untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap disiplin siswa : Penelitian quasi eksperimen di SMK Negeri 15 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Pembelajaran PAI dan BP penting dalam membangun karakter sesuai dengan nilai-nilai Islam, namun nyatanya siswa cenderung merasa kurang tertarik sehingga berdampak pada kemampuan berpikir kritis dan sikap disiplin. Media film pendek dianggap sebagai solusi potensial untuk memperkaya pembelajaran PAI dan BP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Implementasi media film pendek, 2) Perbedaan berpikir kritis siswa, 3) Perbedaan sikap disiplin siswa yang menggunakan media film pendek dengan siswa yang menggunakan video pada pembelajaran PAI dan BP materi Al-Qur’an dan Hadits, 4) Tanggapan siswa terkait penerapan media film pendek. Penelitian ini berfokus pada pemikiran tentang pembelajaran PAI dan BP adalah salah satu mata pelajaran penting dan memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan tentang ajaran Islam. Media yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kondisi zaman dan perkembangan pengetahuan dan sikap siswa. Menggunakan media film pendek dalam pembelajaran PAI dan BP untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap disiplin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui pendekatan quasi eksperimen. Tes dan kuesioner sebagai langkah pengumpulan data primer, data sekunder melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Film pendek efektif dalam meningkatkan berpikir kritis, dan mengembangkan sikap disiplin. Faktor seperti implementasi media online, diskusi aktif, waktu pembelajaran yang optimal, dan dukungan guru serta teknologi juga berperan dalam kesuksesan pembelajaran. 2) Perbandingan antara kelas eksperimen (media film pendek) dan kelas kontrol (media video) menunjukkan peningkatan berpikir kritis yang signifikan di kedua kelompok. 3) Meskipun perbedaan sikap disiplin tidak signifikan, penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan media pembelajaran efektif dan dukungan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. 4) Respons positif siswa terhadap film pendek menunjukkan potensi media tersebut dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI dan BP. Dengan demikian media film pendek lebih efektif dibandingkan video dalam pembelajaran PAI dan BP materi al-Qur’an dan Hadits siswa. Film pendek meningkatkan keterlibatan siswa dan pemikiran kritis, namun tidak berbeda secara signifikan kemampuan disiplin siswa. Respon dari siswa positif, dengan keterlibatan dan pemahaman yang baik dari pembelajaran PAI dan BP materi al-Qur’an dan Hadits dengan menggunakan media film pendek.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Film Pendek; Pembelajaran PAI dan BP; Berpikir Kritis; Sikap Disiplin
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Dudy Meinura
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:23
Last Modified: 25 Jan 2024 07:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84415

Actions (login required)

View Item View Item