aktivitas siswa mengikuti pembelajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran: Studi korelasional pada siswa kelas 5 DTA al-Wahdah Gang Batu Berkah, No 95 Kelurahan Batununggal Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung

Haniffah, Rahmah (2022) aktivitas siswa mengikuti pembelajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran: Studi korelasional pada siswa kelas 5 DTA al-Wahdah Gang Batu Berkah, No 95 Kelurahan Batununggal Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari penemuan permasalahan di DTA Al-Wahdah Batununggal. Disana terjadi kesenjangan antara tingginya aktivitas siswa mengikuti pembelajaran. Al-Qur’an di Madrasah Dinayah dengan rendahnya kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini terlihat bahwa siswa sudah melakukan aktivitas dengan baik namun, masih terdapat peserta didik yang memiliki kemampuan membaca Al-quran rendah, ditandai dengan masih adanya siswa yang belum jelas dalam pelafalan bacaan Al-Qur’an dan ketidaksesuaian dengan aturan ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an; (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa, dan; (3) hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun data penelitian diperoleh dengan teknik angket, tes, wawancara dan studi dokumentasi dengan sampel sebanyak keseluruhan populasi siswa kelas V di DTA Al-Wahdah Batununggal, Kota Bandung, yakni 56 siswa. Analisis ini dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis oleh korelasional Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa : (1) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an memiliki skor rata-rata 4,4 sehingga dapat dikategorikan baik; (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa memiliki skor nilai dengan rata-rata 3,1 sehingga dapat dikategorikan cukup; (3) hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an (X) dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa (Y) didapat hasil yakni (a) memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nilai hubungan 0,811 yang termasuk pada interval 0,80 – 1,00; (b) pengaruh Variabel (X) terhadap Variabel (Y) berdasarkan koefisien determinasi (R2) adalah 0,658 dimana jika dikali 100 didapat hasil 65,8%, dan sisanya sebesar 34,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Pembelajaran Al-Qur’an Siswa; Kemampuan Membaca Al-Quran; Madrasah Diniah;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haniffah Rahmah Rahmah
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:33
Last Modified: 30 Jan 2024 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84421

Actions (login required)

View Item View Item