Haniffah, Rahmah (2022) aktivitas siswa mengikuti pembelajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran: Studi korelasional pada siswa kelas 5 DTA al-Wahdah Gang Batu Berkah, No 95 Kelurahan Batununggal Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari penemuan permasalahan di DTA Al-Wahdah Batununggal. Disana terjadi kesenjangan antara tingginya aktivitas siswa mengikuti pembelajaran. Al-Qur’an di Madrasah Dinayah dengan rendahnya kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini terlihat bahwa siswa sudah melakukan aktivitas dengan baik namun, masih terdapat peserta didik yang memiliki kemampuan membaca Al-quran rendah, ditandai dengan masih adanya siswa yang belum jelas dalam pelafalan bacaan Al-Qur’an dan ketidaksesuaian dengan aturan ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an; (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa, dan; (3) hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun data penelitian diperoleh dengan teknik angket, tes, wawancara dan studi dokumentasi dengan sampel sebanyak keseluruhan populasi siswa kelas V di DTA Al-Wahdah Batununggal, Kota Bandung, yakni 56 siswa. Analisis ini dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis oleh korelasional Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa : (1) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an memiliki skor rata-rata 4,4 sehingga dapat dikategorikan baik; (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa memiliki skor nilai dengan rata-rata 3,1 sehingga dapat dikategorikan cukup; (3) hubungan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an (X) dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa (Y) didapat hasil yakni (a) memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nilai hubungan 0,811 yang termasuk pada interval 0,80 – 1,00; (b) pengaruh Variabel (X) terhadap Variabel (Y) berdasarkan koefisien determinasi (R2) adalah 0,658 dimana jika dikali 100 didapat hasil 65,8%, dan sisanya sebesar 34,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Pembelajaran Al-Qur’an Siswa; Kemampuan Membaca Al-Quran; Madrasah Diniah; |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Haniffah Rahmah Rahmah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 01:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 01:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84421 |
Actions (login required)
View Item |