Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran Concrate Pictorial Abstrack (CPA)

Azzahra, Vista Ulya (2023) Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran Concrate Pictorial Abstrack (CPA). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan penalaran matematis dan disposisi matematis siswa yang perlu ditingkatkan melatarbelakangi penelitian ini. Pada kenyataan di lapangan terdapat beberapa penemuan yang menunjukkan belum memadainya kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran Concrate Pictorial Abstract (CPA). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasi pada penelitian ini siswa kelas VIII sebanyak 9 kelas dengan sampel penelitian siswa kelas VIII A dan VIII C diambil dengan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan penalaran matematis dengan kriteria validitas tinggi, dan lembar angket disposisi matematis. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Keterlaksanaan proses pembelaharan guru dan siswa menggunakan model pembelajaran CPA berada pada kategori baik sekali; Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CPA dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, hasil ini dilihat berdasarkan uji t; Setelah menggunakan model pembelajaran CPA disposisi matematis siswa memiliki kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan model CPA mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis; Disposisi Matematis; Concrate Pictorial Abstract (CPA).
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Vista Ulya Azzahra
Date Deposited: 26 Jan 2024 00:35
Last Modified: 26 Jan 2024 00:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84436

Actions (login required)

View Item View Item