Azzahra, Vista Ulya (2023) Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran Concrate Pictorial Abstrack (CPA). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (816kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan penalaran matematis dan disposisi matematis siswa yang perlu ditingkatkan melatarbelakangi penelitian ini. Pada kenyataan di lapangan terdapat beberapa penemuan yang menunjukkan belum memadainya kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran Concrate Pictorial Abstract (CPA). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasi pada penelitian ini siswa kelas VIII sebanyak 9 kelas dengan sampel penelitian siswa kelas VIII A dan VIII C diambil dengan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan penalaran matematis dengan kriteria validitas tinggi, dan lembar angket disposisi matematis. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Keterlaksanaan proses pembelaharan guru dan siswa menggunakan model pembelajaran CPA berada pada kategori baik sekali; Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CPA dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, hasil ini dilihat berdasarkan uji t; Setelah menggunakan model pembelajaran CPA disposisi matematis siswa memiliki kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan model CPA mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis; Disposisi Matematis; Concrate Pictorial Abstract (CPA). |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Vista Ulya Azzahra |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 00:35 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 00:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84436 |
Actions (login required)
View Item |