Permatasari, Devi (2023) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui strategi pembelajaran aktif Card Sort. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (777kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis yang masih perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan respon siswa terhadap strategi pembelajaran aktif Card Sort. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasi pada penelitian ini siswa kelas VII sebanyak 4 kelas dengan sampel penelitian siswa kelas VII A dan VII B diambil dengan Simple Random Sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kriteria validitas cukup serta lembar angket respon siswa terhadap strategi pembelajaran aktif Card Sort. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif Card Sort berada pada kategori baik sekali; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Card Sort dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, hasil ini dilihat berdasarkan uji t-independent; 3) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran katif Card Sort dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 4) Respon siswa umumnya memberikan respon positif terhadap penggunaan strategi pembelajaran aktif Card Sort.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Card Sort |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School Building for Educational and Research Purposes |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Devi Permatasari |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 06:08 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 06:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84464 |
Actions (login required)
View Item |