Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui strategi pembelajaran aktif Card Sort

Permatasari, Devi (2023) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui strategi pembelajaran aktif Card Sort. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis yang masih perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan respon siswa terhadap strategi pembelajaran aktif Card Sort. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasi pada penelitian ini siswa kelas VII sebanyak 4 kelas dengan sampel penelitian siswa kelas VII A dan VII B diambil dengan Simple Random Sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kriteria validitas cukup serta lembar angket respon siswa terhadap strategi pembelajaran aktif Card Sort. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif Card Sort berada pada kategori baik sekali; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Card Sort dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, hasil ini dilihat berdasarkan uji t-independent; 3) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran katif Card Sort dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 4) Respon siswa umumnya memberikan respon positif terhadap penggunaan strategi pembelajaran aktif Card Sort.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Card Sort
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Building for Educational and Research Purposes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Devi Permatasari
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:08
Last Modified: 26 Jan 2024 06:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84464

Actions (login required)

View Item View Item