Nabila, Anisa (2023) Penerapan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi dinamika rotasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika setelah menggunakan model pembelajaran CPS di kelas XI MIPA 2 terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta SMAN 1 Jatinangor pada materi dinamika rotasi. Penelitian ini memakai metodologi quasi-experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group desain Teknik pengumpulan data menggunakan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD, pemberian pretest dan posttest, serta dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik adalah berupa soal uraian berjumlah 6 butir soal yang diberikan pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis instrumen keterlaksanaan pembelajaran LKPD, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan tes pretest dan posttest, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya terdapat perbedaan antara peserta didik yang dibelajarkan menggunakan CPS pada kelas eksperimen dan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning pada kelas kontrol dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0,001 (0,001 < 0,05). Kesimpulannya, H₀ ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,56 (Std. Deviasi= 5,040) dan kelas kontrol sebesar 74,44 (Std. Deviasi= 8,791). Nilai rata-rata kelas kontrol lebih kecil dibandingkan nilai kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model creative problem solving (CPS).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Creative Problem Solving; Kemampuan Pemecahan Masalah; Dinamika Rotasi |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Physics > Measurement of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Anisa Nabila Ica |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 08:01 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 08:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84469 |
Actions (login required)
View Item |