Korelasi aktivitas belajar siswa berasrama dan non asrama hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajajaran Fiqih materi Zakat, Haji dan Umrah : Penelitian pada siswa kelas IX Mts Yasta Bunter Kabupaten Sumedang

Fauziyyah, Isdayani (2023) Korelasi aktivitas belajar siswa berasrama dan non asrama hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajajaran Fiqih materi Zakat, Haji dan Umrah : Penelitian pada siswa kelas IX Mts Yasta Bunter Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan dimana terjadi kesenjangan hasil belajar antara anak asrama dan non asrama. Dimana anak asrama mendapatkan hasil belajar dengan nilai yang bagus, namun mereka sering terlambat sekolah, mengantuk di kelas, tidak disiplin, kurang interaktif saat di dalam kelas dan beberapa ada yang sering bolos sekolah. Dan sebaliknya dengan non asrama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1. Bagaimana Aktivitas belajar siswa asrama di kelas IX Mts Yasta Bunter 2. Aktivitas belajar siswa non asrama di kelas IX Mts Yasta Bunter 3. Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Siswa Asrama dan Non Asrama 4. Hubungan antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar belajar Fiqih pada Siswa Berasrama di kelas IX Mts Yasta Bunter Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran Suatu proses belajar bisa dikatakan baik, bila dalam proses aktivitas belajarnya berjalan dengan efektif. Agar siswa dapat membentuk pola berfikir, maka aktivitas belajar perlu dipacu agar mendukung proses dan hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Pengumpulan datanya melalui observasi, angket, test dan dokumentasi. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan statistik korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan : 1) Realitas variabel Aktivitas Belajar Siswa Asrama termasuk dalam kategori “Tinggi” dengan rata-rata 3,60 yang berada di interval 3,40 – 4,19 2) Realitas variabel Aktivitas Belajar Siswa Non Asrama termasuk dalam kategori “Sedang” dengan rata-rata 3,38 yang berada di intevral 2,60 – 3,39. 3) Perbandingan hasil belajar kognitif siswa asrama dan non asrama a) Realitas Hasil Belajar Asrama mengandung kategori “cukup” dengan rata-rata 62,7 yang berada di interval 60 - 69. b) Realitas Hasil Belajar Non Asrama mengandung kategori baik dengan rata-rata 74,5 yang berada di interval 70 – 79. 4) Realitas Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajajaran Fiqih Materi Zakat, Haji dan Umrah (Y) termasuk dalam kategori “Baik” karena terletak antara interval 70-79 dan termasuk kriteria Baik. Hubungan antara aktivitas belajar siswa berasrama dan non asrama terhadap hasil belajar belajar Fiqih mempunyai tingkat korelasi sedang. Pengaruh variabel X dan Y sebesar 16,5% dan sisanya 83,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Ini diperkuat dari perhitungan uji korelasi thitung 2,743 > ttabel 2,204. Maka dapat disimpulkan bahwa H diterima. Artinya dengan taraf signifikasi  = 5% terdapat korelasi positif yang signifikan antara Aktivitas Belajar Siswa Asrama dan Non Asrama (X) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Zakat, Haji dan Umrah (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar; Siswa asrama dan non asrama; Hasil belajar kogniti;
Subjects: Islam
Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isdayani Fauziyyah
Date Deposited: 05 Feb 2024 00:40
Last Modified: 05 Feb 2024 00:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84637

Actions (login required)

View Item View Item