Pengaruh model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII MTs YPPS Sukamiskin

As-Sa'idah, Millah Maryam (2023) Pengaruh model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII MTs YPPS Sukamiskin. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. Bab I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB III)
6. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB IV)
7. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang sering digunakan pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis di MTs YPPS Sukamiskin adalah diskusi. Pembelajaran model diskusi yang digunakan telah dilakukan dengan baik sesuai dengan pedoman RPP yang berdasar pada langkah-langkah pembelajaran. Namun, masih terlihat sebagian siswa belum memenuhi keaktifan yang baik dan hasil belajar siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Seiring dengan berkembangnya pendidikan, banyak bermunculan model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah model cooperative learning tipe two stay two stray. Maka, peneliti mencoba membandingkan dengan pembelajaran diskusi untuk mencari mo¬del mana yang lebih baik dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Proses pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan model cooperative learning tipe two stay two stray pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis: 2) Pengaruh model cooperative learning tipe two stay two stray terhadap keaktifan belajar siswa: 3) Pengaruh model cooperative learning tipe two stay two stray terhadap hasil belajar siswa: 4) Perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini berlandaskan dari sebuah pemikiran yang mengatakan bahwa cooperative learning tipe two stay two stray memberikan kesempatan kepada siswa agar aktif dalam proses pembelajaran. Model ini berbasis kelompok dan bertujuan agar saling membantu dalam memecahkan masalah, saling mendorong antar anggota kelompok untuk berpendapat, dan melatih siswa untuk berinteraksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen, dengan jenis metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII di MTs YPPS Sukamiskin. Sampel yang digunakannya adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) Proses penggunaan model cooperative learning tipe two stay two stray dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran: 2) Penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa dengan nilai interval 71.35% yang berada pada kriteria baik: 3) Penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest 60.97, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 74.19. Uji hipotesisnya yaitu 0.000 < 0.05, yang artinya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe two stay two stray: 4) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 74.19, sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 63.13, hasil uji hipotesisnya yaitu 0.007 < 0.05 yang artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, penerapan model cooperative learning tipe two stay two stay berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII MTs YPPS Sukamiskin

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model Cooperative Learning; Two Stay Two Stray; keaktifan; hasil belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Millah Maryam As-Sa'idah
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:34
Last Modified: 05 Feb 2024 01:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84641

Actions (login required)

View Item View Item