Perlindungan konsumen pengguna aplikasi Dompet Kartu PT Barracuda Fintech ditinjau dari pasal 4 Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Daffa, Sulthan Ariiq (2023) Perlindungan konsumen pengguna aplikasi Dompet Kartu PT Barracuda Fintech ditinjau dari pasal 4 Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I_compressed.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)

Abstract

Didalam bagian 4 Pasal 7 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.77 POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi menjelaskan bahwa, penyelenggara wajib mengajukan pendaftaran dan perizinan kepada OJK. Akan tetapi saat pelaksanaanya, masih banyak fintech (finansial teknologi) yang beroperasi tidak sesuai dengan regulasi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap pengguna aplikasi Dompet Kartu, sudah berjalan sesuai dengan Undang-Undang No 8 tahun 1999 ataukah belum, untuk mengetahui pertanggung jawaban apa yang dilakukan boleh aplikasi Dompet Kartu atas kerugian yang dialami para pengguna, dan untuk mengetahui tindak lanjut OJK terhadap aplikasi Dompet Kartu yang tidak memiliki aspek legalitas Teori yang digunakan dalam penelitian Skripsi ini adalah teori Perlindungan Hukum, menurut wiwik afiffah, Perlindungan hukum diberikan kepada subjek hukum melalui tindakan preventif maupun represif secara lisan maupun tertulis. dan Perlindungan Data Pribadi, merupakan hak asasi manusia yang mendasar bagi setiap orang untuk dapat mempertahankan diri hal ini tertuang dalam Pasal 28G UUD 1945 Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif suatu metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai kejadian dengan tujuan untuk menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta, sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Menggunakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yuridis normatif, suatu pendekatan yang menekankan pada penelitian terhadap identifikasi hukum, analisis data yang bersumber dari sumber primer, sekunder, tersier dan penelitian terhadap efektivitas hukum dimasyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) didirikan karena beberapa kasus yang merugikan konsumen dan untuk mempertahankan hak konsumen dihubungkan Pasal 4 UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. (2) Terdapat 2 bentuk pertanggung jawaban, maaf dan ganti rugi, tanggung jawab perdata akan diterapkan meliputi membayar kompensasi untuk kerugian dinansial serta memulihkan kondisi para pihak terdampak. (3) selanjutnya tindakan lanjutan yang OJK terhadap aplikasi Dompet Kartu ini memblokir web dan lembaga hukum yang berwenang menjatuhkan sanksi berupa membayar kompensasi guna mengimbangi kerugian finansial serta memulihkan kondisi keuangan para pihak terdampak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen ; Aspek Legalitas ; Financial Technology ;
Subjects: Law
Private Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Sulthan Ariiq
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:34
Last Modified: 06 Feb 2024 02:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84714

Actions (login required)

View Item View Item