Manajemen kewirausahaan dalam pembiayaan pendidikan penelitian di Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat Al Islamiyah (TMI) Pesantren Darunnajah Jakarta

Qathrunnada, Qathrunnada (2024) Manajemen kewirausahaan dalam pembiayaan pendidikan penelitian di Tarbiyatul Muallimin wal Muallimat Al Islamiyah (TMI) Pesantren Darunnajah Jakarta. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVERTESIS-FIX.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Qathrunnada.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_Qathrunnada.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Qathrunnada.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Kebutuhan warga pesantren harus dapat dipenuhi dengan berbagai macam aktivitas pendidikan di dalamnya. Salah satu caranya dengan menumbuhkan kemandirian di bidang pendanaan, yakni dengan mengelola usaha pesantren agar kegiatan pendidikan di lembaganya berjalan dengan baik tanpa harus bergantung pada pihak lain dan tidak membebani wali santri. Manajemen kewirausahaan merupakan sebuah jalan keluar bagi pembiayaan pendidikan di pesantren Darunnajah, khususnya TMI Darunnajah. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini ialah 1)pengelolaan kewirausahaan di pesantren Darunnajah, 2)pengelolaan pembiayaan pendidikan di TMI Pesantren Darunnajah, 3)faktor pendukung dan penghambat pembiayaan pendidikan di TMI pesantren Darunnajah, 4)dampak pengelolaan kewirausahaan (Koperasi Darunnajah Jakarta) dalam pembiayaan pendidikan di TMI pesantren Darunnajah. Manajemen kewirausahaan dalam penelitian ini ialah difokuskan pada unit usaha koperasi Darunnajah Jakarta. Penelitian akan didasarkan pada perencanaan unit usaha, hambatan, pengelolaan, dan pengawasannya dalam menopang segala pembiayaan pendidikan di pesantren. Peneliti mencoba untuk mengkaji pembiayaan pendidikan yang mengambil sumber dari kewirausahaan pesantren, yakni koperasi Darunnajah Jakarta. Bentuk pengelolaan, pembiayaan, prosentase dana yang disalurkan, serta peruntukkannya dalam pembiayaan pendidikan, khususnya di TMI pesantren Darunnajah. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Data primer berupa wawancara dan observasi di lapangan. Sedangkan data sekunder berupa kajian pustaka yang berkaitan. Teknik analisis data dilakukan dengan triangulasi data, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini membuktikan bahwa pengelolaan kewirausahaan di pesantren Darunnajah belum memiliki perencanaan jangka panjang yang matang. SDM bidang usaha mengedepankan asas pembelajaran, yakni bersifat learning by doing. Rumusan pembiayaan pendidikan di TMI pesantren Darunnajah yakni 30% untuk gaji guru dan karyawan, 35% untuk biaya operasional, 35% untuk biaya pengembangan pesantren. Faktor pendukung yakni dengan adanya semangat kewirausahaan yang tertuang dalam panca jiwa dan panca jangka pesantren. Faktor penghambat antara lain loyalitas warga pesantren terhadap produk usaha pesantren perlu ditingkatkan. Dana yang dihasilkan Koperasi Darunnajah Jakarta telah berkontribusi pada pendanaan kegiatan guru dan santri, pembinaan pengembangan bakat dan minat santri dan pembelian kendaraan operasional pesantren. Hal ini senada dan tertuang dalam program kerja MA dan MTs Darunnajah Jakarta. Hasil Usaha Koperasi Darunnajah Jakarta telah menyumbang sebesar 20% pada pendanaan pembiayaan pendidikan TMI pesantren Darunnajah di tahun 2022..

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: wirausaha; pembiayaan; pendidikan; pesantren
Subjects: Public Policy Issues in Education > Education Budget
Education, Research
Accounting > Education, Research of Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.S. Qathrunnada Qathrunnada
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:59
Last Modified: 26 Feb 2024 03:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84846

Actions (login required)

View Item View Item