Strategi membangun School Branding SMK Negeri 2 Garut

Wildan, Muhammad (2023) Strategi membangun School Branding SMK Negeri 2 Garut. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan suatu lembaga yang strategis dalam menghasilkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di suatu negara. Informasi dan pencarian lokasi lembaga sangat dibutuhkan masyarakat untuk menentukan pilihan lembaga yang diinginkan. SMK Negeri 2 Garut melakukan upaya membangun branding. Upaya tersebut dilaksanakan karena meningkatkan kepercayaan masyarakat Kabupaten Garut terhadap sekolah tersebut dari banyaknya persaingan sekolah baru maupun sekolah yang sudah lama. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses kegiatan membangun branding yang dilakukan oleh SMK Negeri 2 Garut dengan menggunakan empat unsur branding yang dikemukakan oleh Sicco Van Gelder yaitu, strategi brand positioning, strategi brand identity, penerapan strategi brand personality, dan penerapan strategi brand communication. Teori yang dipakai yakni teori brand expression yang di gagas oleh Sicco Van Gelder yang menjelaskan bahwa membangun branding dilakukan sebagai mempengaruhi konsumen, dimana agar strategi branding berhasil dan nilai merek dapat diciptakan melalui beberapa tahap seperti: brand positioning, brand identity, brand personality, dan brand communication. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa membangun school branding yang dilakukan SMK Negeri 2 Garut melalui empat proses: Tahap pertama, penerapan strategi brand positioning dengan melakukan analisa target pasar melalui pemantauan media, menciptakan kepercayaan publik terhadap SMK Negeri 2 Garut, menentukan segmentasi publik, dan mendemonstrasikan keunggulan SMK Negeri 2 Garut. Tahap kedua, penerapan strategi brand identity dengan melakukan pembentukan nama brand, membuat logo brand, pembentukan tagline brand. Tahap ketiga, penerapan strategi brand personality dengan memberikan karakteristik atau ciri khas yang dimiliki SMK Negeri 2 Garut dan membangun komunikasi yang konsisten dengan publik terkait personality yang dibangun. Tahap keempat, penerapan strategi brand communication dengan menentukan media publikasi yang digunakan SMK Negeri 2 Garut dalam menyampaikan informasi kepada publik, menyelenggarakan event sebagai bentu promosi dari SMK Negeri 2 Garut, dan menjalin kerjasama dengan brand lain sebagai bentuk peomosi serta untuk meningkatkan kepercayaan publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: School Branding; Public Relation; Lembaga Pendidikan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Sales Management
General Management > Sales Promotion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Wildan
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:04
Last Modified: 15 Feb 2024 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84901

Actions (login required)

View Item View Item